NILAI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM KUMPULAN CERITA ANAK LITTLE ABID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH DASAR

Khaerunnisa Khaerunnisa, Mutiarani Mutiarani, Zahara Cahya Septiani

Abstract


Mengajarkan kata dalam sastra anak juga penting karena mengenalkan anak pada sastra sejak kecil akan membuat anak senang dengan sastra. Sastra anak di Sekolah Dasar (SD) bertujuan untuk memberikan pengalaman sastra. Pendidikan keluarga berencana untuk memberikan peningkatan kualitas terhadap hasil pendidikan sekolah, hal ini tidak hanya mengarah pada penguasaan intelektual tetapi juga pada pembentukan kepribadian, yaitu pengembangan karakter positif dalam kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi agar anak-anak dapat mengerti dan memahami nilai-nilai pendidikan keluarga dalam kumpulan cerpen Little Abid. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan dan menggambarkan nilai-nilai agama, moral, sosial, keterampilan kerumahtanggaan, serta nilai keterampilan okupassional dan vokasional yang terkandung dalam kumpulan cerpen Little Abid. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan metode analisis isi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik desk research atau penelitian kepustakaan disertai dengan pemahaman makna yang mendalam. Hasil analisis dan penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan keluarga dapat terwujud dan diteladani dalam kehidupan sehari-hari siswa Sekolah Dasar (SD) maupun orang dewasa, yaitu terdapat nilai nilai agama, moral, sosial, keterampilan kerumahtanggaan, serta nilai keterampilan okupassional dan vokasional yang terdapat pada kumpulan cerpen anak Little Abid.

Full Text:

PDF

References


Sarumpet, Riris Toha. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Rumidjan. 2013. Dasar Keilmuan dan Pembelajaran Sastra Anak SD. Malang: FIP UM

Winarni, Retno. 2014. Kajian Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu pendidikan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012)

Binti Maunah, Ilmu Pendidikan, (Yogyakarta: Teras, 2009)

Ary, Bunda. Cordoba Kids. (2017). Little Abid: “Aku Belajar Pertolongan Pertama”: E-PEN START

Ary, Bunda. Cordoba Kids. (2017). Little Abid: “Aku Berbeda dengan Syafa”: E-PEN START

Ary, Bunda. Cordoba Kids. (2017). Little Abid: “Aku Tahu Dari Mana Aku Berasal”: E-PEN START

Ary, Bunda. Cordoba Kids. (2017). Little Abid: “Gigiku Sehat”: E-PEN START

Ary, Bunda. Cordoba Kids. (2017). Little Abid: “Jujur Itu Hebat”: E-PEN START

LinePro, Cordoba Kids. (2017). Little Abid: “Aku Mandi Sendiri”: E-PEN START

LinePro, Cordoba Kids. (2017). Little Abid: “Aku Suka Berbagi”: E-PEN START

Nuraida, Afi. Khaerunnisa. (2021). NILAI SOSIAL DAN NILAI AGAMA PADA CERITA FABEL “BERLIBUR KE PULAU MATAHARI” KARYA RATNA CANDRA SARI. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ