PENGARUH FILM KARTUN UPIN IPIN TERHADAP AKUISISI BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN

Zaipurrohman Zaipurrohman, R. Panji Hermoyo

Abstract


Pengaruh film kartun Upin Ipin dalam pemerolehan bahasa anak dapat dilihat dari beberapa aspek. Semua itu disebabkan anak keseringan menonton film kartun Upin Ipin tanpa ada pengawasan yang serius dari keluarganya. Dalam akuisisi bahasa anak perlu peranan dari keluarga dalam mengawasi supaya akuisisi bahasa anak dapat berjalan dengan benar. Akuisisi bahasa anak bisa diperoleh dengan mendengarkan, merekam, dan memperagakan ulang bahasa yang diperolehnya tanpa harus belajar secara formal. Dalam tahap akusisi, anak terlebih dulu mengembangkan aspek fonologi yaitu bunyi-bunyian fonem berupa vokal dan konsonan yang diungkapkannya. Deskriptif kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan subjek penelitian adalah seorang anak usia 3-4 tahun di Desa Blu’uran Karangpenang Sampang Madura. Dalam penelitian ini, cara pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan nenek anak tersebut serta pengamatan peneliti ketika anak tersbut bermain, berbelanja. Hasil yang diperoleh terdapat pengaruh dalam akuisisi bahasa anak usia 3-4 tahun yang bisa fahami dari beberapa aspek. Sedangkan data yang ditemukan dalam penelitian ini berupa alih kode, campur kode, interferensi dan logat antara bahasa Melayu dan Madura yang dipengaruhi oleh film kartun Upin Ipin yang berbahasa Melayu. Adanya temuan realita tersebut, perlu adanya pengawasan terhadap anak dalam bermain media sosial supaya pengaruh yang ditimbulkan tidak begitu parah serta untuk menjaga keberlangsungan pemerolehan bahasa dengan baik tanpa dipengaruhi oleh bahasa lain.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, & Setiawan, H. (2022). PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 3 TAHUN 9 BULAN BERDASARKAN TEORI MEAN LENGTH OF UTTERANCE DALAM ASPEK FONOLOGI. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 58–66.

Bawamenewi, A. (2020). PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA TIGA TAHUN PADA TATARAN FONOLOGI : ANALISIS PSIKOLINGUISTIK. Jurnal JRPP, 3(1), 145–154.

Chaer, A. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoritik (1st ed.). Rineka Cipta.

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum (edisi Baru). Rineka Cipta.

Etik, Harsia, & Kartini. (2022). Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Toraja dengan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas X SMK Kristen Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 429–435.

Hafizah & A’la, F. (2022). THE CHILDREN ’ S LANGUAGE ACQUISITION DUE TO THE INFLUENCE OF MINANG AND THE MALAYSIAN LANGUAGE AKUISISI BAHASA ANAK AKIBAT PENGARUH BAHASA MINANG. GERAM: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 84–92.

Harani, Nyoman Suparwa, I & Wayan Teguh, I. (2022). PERUBAHAN BUNYI BAHASA INDONESIA DALAM PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI DESA JAGARAGA , KECAMATAN KURIPAN , KABUPATEN LOMBOK BARAT : KAJIAN PSIKOLINGUISTIK. STILISTIKA: Journal Os Indonesian Languange and Literature, 01(02), 99–116.

Hermoyo, R. P. (2020). Register Bahasa Tentang Whatsapp. Books.Google.Com. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=tcbrDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA101&dq=panji+hermoyo&ots=FWqXbQbrrM&sig=cj21csflvvTtH9CW-1vW2USjnLY

Manshur, Ali & Nahrul Janah, R. (2021). PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI DESA TEGALREJO BANYUWANGI DALAM KAJIAN PSIKOLINGUISTIK. Jurnal PENEROKA, 1(02), 239–247.

Maria, F., Mariana, L., Marlyn, L., Margaritha, L., & Eightmarc, N. (2021). Pengaruh Video Lagu Anak – Anak Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini ( Kajian Psikolinguistik ) Early Child Language Acquisition and The Impact of Children ’ s Songs Video ( Psycolinguistics Studies ). Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 2(1), 36–45.

Mudopar. (2018). PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA PADA ANAK USIA DINI (Kajian Psikolinguistik: Pemerolehan Fonologi Pada Anak Usia 2 Tahun). Deiksis- Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesi, 5(1), 57–68.

Sri Rahayu, Silvi & Setiawan, H. (2022). ANALISIS PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 3 TAHUN 1 BULAN (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 109–119.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ