TANTANGAN DALAM MENGKAJI SASTRA INDONESIA DI ERA REVOLUSI SOSIAL 5.0

Najma Murdhia, Nailatul Qonita Azzahra

Abstract


Sastra Indonesia adalah sebuah ilmu yang di dalamnya terdapat aspek-aspek atau ilmu-ilmu Filsafat karena berlandaskan pemikiran, logika, sistematika, etika, dan estetika, dan dalam kegiatan mengkaji berarti kita harus belajar dan mempelajari bahkan sampai dengan proses menelaah. Dalam mengkaji karya Sastra Indonesia kita perlu pemikiran untuk proses mempelajari dan menelaah karya sastra tersebut. Dan dalam hakikat mengkaji karya sastra adalah pemaknaan terhadap karya sastra tersebut yang di mulai dari membaca, memahami, sampai dimana tahap memaknai karya sastra tersebut yang biasa kita pelajari pada disiplin ilmu Kritik Sastra, Sastra Bandingan atau bahkan Kajian Drama yang pada displin ilmu pembelajaran sastra ini memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk berpendapat sesuai sudut pandang dia ketika membaca atau bahkan memaknai karya sastra yang mereka pelajari. Dan dengan seiring berkembangnya teknologi di era digitalisasi ini, mengubah paradigma pembelajaran dalam mengkaji sastra. Dalam teknologi 4.0 yang kini beralih menjadi teknologi 5.0, tidak banyak yang berubah dalam pembaharuan 5.0 ini, kemampuan mentransformasi data yang didapatkan melalui teknologi. Terlebih dalam pembelajaran Disiplin Ilmu dalam mengkaji Karya Sastra Indonesia implementasi sastra digital sebagai penggerak pendidikan cerdas berkarakter dalam revolusi 5.0. Untuk mengkaji hal tersebut, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimana metode tersebut sangat membantu dalam mengkaji sastra indonesia di era revolusi sosial 5.0.

Full Text:

PDF

References


Abdu, Faulinda. 2020. Kesiapan

Pendidikan Indonesia

Menghadapi Era Society 5.0.

Jurnal Kajian Teknologi

Pendidikan. Vol. 5 No. 1 April

Haryani, Neni 2019. “Memperkuat

Eksistensi Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia di Era

Revolusi Industri 4.0” dalam

Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan Program

Pascasajarna. Palembang:

Universitas PGRI.

Iskandar, Zelvi. 2020. “Pembelajaran

Bahasa Indonesia Menuju

Masyarakat 5.0” dalam Prosiding

Seminar Nasional Pendidikan

Program Pascasarjana.

Palembang: Universitas PGRI.

Novianti, Yenny. 2020. “Selamat

Tinggal Revolusi Industri 4.0,

Selamat Datang Revolusi Industri

0” dalam Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan Program

Pascasarjana. Palembang:

Universitas PGRI.

Rezky, Sutarto. 2019. Generasi

Milenial yang Siap Menghadapi

Era Revolusi Digital (Society 5.0

dan Revolusi Industri 4.0) di

Bidang Pendidikan melalui

Pengembangan Sumber Daya

Manusia. Disajikan pada Seminar

Nasional Pascasajarna, 2-4 2019,

UNNES.

Sabri, Indar. 2019. Peran Pendidikan

Seni Di Era Society 5.0 untuk

Revolusi Industri 4.0. Disajikan

pada Seminar Nasional

Pascasajarna, 2-4 2019, UNNES.

Sari, Dina. 2019. Tantangan dan

Peluang Pembelajaran Bahasa

Indonesia pada Prodi Non

Bahasa di Era Revolusi Industri

0. Jurnal Akrab Juara. Vol. 4

No. 3 Agustus 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ