TANTANGAN DALAM MENGKAJI SASTRA INDONESIA DI ERA REVOLUSI SOSIAL 5.0
Abstract
Sastra Indonesia adalah sebuah ilmu yang di dalamnya terdapat aspek-aspek atau ilmu-ilmu Filsafat karena berlandaskan pemikiran, logika, sistematika, etika, dan estetika, dan dalam kegiatan mengkaji berarti kita harus belajar dan mempelajari bahkan sampai dengan proses menelaah. Dalam mengkaji karya Sastra Indonesia kita perlu pemikiran untuk proses mempelajari dan menelaah karya sastra tersebut. Dan dalam hakikat mengkaji karya sastra adalah pemaknaan terhadap karya sastra tersebut yang di mulai dari membaca, memahami, sampai dimana tahap memaknai karya sastra tersebut yang biasa kita pelajari pada disiplin ilmu Kritik Sastra, Sastra Bandingan atau bahkan Kajian Drama yang pada displin ilmu pembelajaran sastra ini memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk berpendapat sesuai sudut pandang dia ketika membaca atau bahkan memaknai karya sastra yang mereka pelajari. Dan dengan seiring berkembangnya teknologi di era digitalisasi ini, mengubah paradigma pembelajaran dalam mengkaji sastra. Dalam teknologi 4.0 yang kini beralih menjadi teknologi 5.0, tidak banyak yang berubah dalam pembaharuan 5.0 ini, kemampuan mentransformasi data yang didapatkan melalui teknologi. Terlebih dalam pembelajaran Disiplin Ilmu dalam mengkaji Karya Sastra Indonesia implementasi sastra digital sebagai penggerak pendidikan cerdas berkarakter dalam revolusi 5.0. Untuk mengkaji hal tersebut, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimana metode tersebut sangat membantu dalam mengkaji sastra indonesia di era revolusi sosial 5.0.References
Abdu, Faulinda. 2020. Kesiapan
Pendidikan Indonesia
Menghadapi Era Society 5.0.
Jurnal Kajian Teknologi
Pendidikan. Vol. 5 No. 1 April
Haryani, Neni 2019. “Memperkuat
Eksistensi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia di Era
Revolusi Industri 4.0” dalam
Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan Program
Pascasajarna. Palembang:
Universitas PGRI.
Iskandar, Zelvi. 2020. “Pembelajaran
Bahasa Indonesia Menuju
Masyarakat 5.0” dalam Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan
Program Pascasarjana.
Palembang: Universitas PGRI.
Novianti, Yenny. 2020. “Selamat
Tinggal Revolusi Industri 4.0,
Selamat Datang Revolusi Industri
0” dalam Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan Program
Pascasarjana. Palembang:
Universitas PGRI.
Rezky, Sutarto. 2019. Generasi
Milenial yang Siap Menghadapi
Era Revolusi Digital (Society 5.0
dan Revolusi Industri 4.0) di
Bidang Pendidikan melalui
Pengembangan Sumber Daya
Manusia. Disajikan pada Seminar
Nasional Pascasajarna, 2-4 2019,
UNNES.
Sabri, Indar. 2019. Peran Pendidikan
Seni Di Era Society 5.0 untuk
Revolusi Industri 4.0. Disajikan
pada Seminar Nasional
Pascasajarna, 2-4 2019, UNNES.
Sari, Dina. 2019. Tantangan dan
Peluang Pembelajaran Bahasa
Indonesia pada Prodi Non
Bahasa di Era Revolusi Industri
0. Jurnal Akrab Juara. Vol. 4
No. 3 Agustus 2019.