IMPLEMENTASI METODE SOSIODRAMA PADA TEKS CERITA FANTASI BERBANTUAN MEDIA LATAR ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA

Achmad Fauzan, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Bahasa merupakan hal penting dalam kegiatan belajar, karena Bahasa akan membuat
peserta didik dapat mengetahui dan bergerak dalam melaksanakan kegiatan belajar.
Umumnya pada pembelajaran bahasa Indonesia terdapat beberapa keterampilan berbahasa
yang harus dipelajari, salah satunya yaitu keterampilan berbicara. Keterampilan ini
merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai walaupun pada hakikatnya
keterampilan ini merupakan keterampilan yang paling sulit kedudukannya untuk dikuasai,
salah satu metode yang dapat digunakan dalam melatih peserta didik untuk berbicara metode
Metode sosiodrama ini dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berbicara,
apalagi ditambah dengan bantuan media. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu
media latar animasi.Media ini merupakan media yang tergolong ke dalam jenis media
modern. Umumnya media latar animasi ini dapat mendukung latar cerita fantasi yang akan
dimainkan oleh peserta didik, sehingga peserta didik akan jauh lebih mudah untuk
menghayati cerita yang akan dimainkan, dengan harapan peserta didik dapat lebih percaya
diri karena terbawa oleh suasana latar yang mendukung cerita, dan kepercayaan diri yang
akan meningkat itulah yang juga akan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam
berbicara. untuk mendeskripsikan peranan metode sosiodrama berbantuan media latar
animasi dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik, dan Mengetahui
peningkatan kemampuan berbicara pada materi Teks Cerita Fantasi dengan menggunakan
metode sosiodrama berbantuan media latar animasi melalui metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK).


Full Text:

PDF

References


Abduh, Moch. 2019. Panduan Penilaian Tes Tertulis. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Aini, dkk. 2012. Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa

Sekolah Dasar. Jurnal Basastra. Vol 1 No 1.

Anggarasari, Nadhini Huda. 2017. Perbedaan Strategi Pembelajaran Sosiodrama dan

Presentasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Vol 1 No 1.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian danPenilaian Program.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Astuti, Windi. Perbedaan Kemampuan Menulis Teks Persuasi Menggunakan Media Audio

Visual Pada Kelas Vlll A dan Menggunakan Media Gambar Pada Kelas Vlll B Siswa

SMPN Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus. Vol.3 No.2 Agustus 2019.

Azhari. 2015. Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab

Siswa Madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika. Vol.16 No.1 Agustus 2015.

Fitri dan Pransiska. 2020. Keunggulan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Komunikasi

Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tanbusal. Vol 4 No 2 2020.

Hartiti, Ratna. 2013. Penerapan Media Animasi Flash Dalam Pembelajaran Motif Batik Siswa

Kelas X SMA Negri l Manganti. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Unesa. Vol 1 No 1.

Harsiati, Titik dkk. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTS kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum

dan Kebudayaan.

Jannah, Ina Roudhotul. 2018. “Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Dengan Metode

Observasi Terpadu Soswa Kelas X SMK PGRI Pakisaji Malang”. Jurnal Ilmiah Bahasa

dan Sastra, 5(2).

Yanner dkk. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai

Pendidikan Karakter di Kelas VII” Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan

Pengembangan, 3(1). Hal 101

Kemdikbud. 2019. Panduan Penilaian Tes Tertulis. Jakarta: Kemdikbud.

Kosasih. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonsia.

Kurniasih, Imas dkk. 2014. Teknik & Cara Mudah MembuatPenelitian Tindakan Kelas

Untuk Pengembangan Profesi Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Lendeng, dkk. 2021. Interactive Learning Based On Animation In Petrolium Subject For

Grade XI Swenior High School. Jurnal Teknik Elektro Komputer. Vol 16 No 2.

Lia, Marliana. 2018. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: P.T Remaja

Rosdakarya Offest.

Maimunah. 2016. Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Al Afkar. Vol.5 No.1

April 2016.

Naiborhu, Rumasla. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Global Edukasi. Vol 3 No 1.

Nasution, Mardiah Kalsum. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan

Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan. Vol.11 No.1.

Natalia, Prima. 2015. Efektivitas Pebggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional

Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar.

Vol.3 No.2 Januari 2015.

Ningsih, Suwarti. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita

Siswa Kela lll SDN 1 Biringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali.

Jurnal Kreatif Taduloko Online. Vol 2 No 4.

Nurgiantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta:

Gajah Mada University Press.

Ramadhani dan Yunus. 2021. Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Teks Cerita

Fantasi Berbasis Media Webtoon.Jurnsl Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 2

No 1.

Rosyada, dkk. 2020. Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Dalam

Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Pada Peserta Didik Kelas Vlll SMP Negeri 1

Tunjungan Tahun Pelajaran 2018/2019. Dwijaloka. Vol.1 No.1 Maret 2020.

Suarsih, Ciah. 2018. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dengan

Menerapkan Metode Show and Tell Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

Jurnal Penelitian Guru Universitas Subang. Vol 1 No 1.

Suhatni, dkk. 2022. Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan

Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas Vll. Jurnal JPPK. Vol ll No 8.Suriani, dkk.

Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan

Berbicara Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bascedu. Vol 5 No 2

Soesatyo,Yoyok, dkk. 2017. Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi

Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani. Vol.1

No.2 Desember 2017. .

Tristiantari dan Sumantri. 2016. Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading

Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca dan

Menulis. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 5 No 2.

Wabdaron dan Reba. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Pembelajaran

Berbasis Masalah Siswa Sekolah Dasar Manakwari Papua Barat. Jurnal Papeda. Vol 2

No 1.

Widiawati, dkk. 2017. Pengaruh Metode Sosiodrama Bermuatan Cerita Rakyat Terhadap

Kemampuan Berbicara Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5 No 3

Yahya, dkk. 2018. “Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri

Kota Bengkulu”. Jurnal Ilmiah,2(3).

Yusmandar, dkk. 2017. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Metode

Pratikum Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Siswa

Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam. Jurnal IPA. Vol,1 No.1 Juni 2017.

Zahrina dan Qomariyah. 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi

Melalui Strategi Joyfull Learning Untuk Siswa vll B SMP Negeri 7 Semarang, Jurnal

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 7 No 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ