PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BIPA

Khaerunnisa Khaerunnisa, Liliana Muliastuti, Zainal Rafli

Abstract


Cakupan yang luas dimiliki oleh pembelajaran bahasa Indonesia salah satunya ialah hubungannya dalam pembelajaran BIPA. Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dalam pembelajarannya memiliki kompetensi untuk mengajarkan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua.Bahasa Indonesia yang dipelajari merupakan proses pembelajaran yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Oleh karena itu pembelajaran BIPA merupakan salah satu bentuk memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia ke manca negara. Penelitian ini memakai studi kepustakaan yang memiliki tujuan untuk mengkaji serta mengetahui adanya hubungan pendidikan karakter dalam pembelajaran BIPA. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa dalam pembelajaran BIPA terdapat pendidikan karakter yang memiliki hubungan baik dan saling mempengaruhi. Penanaman pengetahuan mengenai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran BIPA merupakan hal penting yang dapat mencerminkan karakter suatu bangsa.

BIPA, Pendidikan, Pendidikan Karakter


Full Text:

PDF

References


Arwansyah, Y. B., Suwandi, S., & Widodo, S.T. 2017. Revitalisasi Peran Budaya Lokal dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula. 915-920.

Chaer, Abdul. 2009. Psikolonguistik: Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2003. UU No. 20 tahun 200, Sistem Pendidikan Nasional. www.depdiknas.go.id.

Kusmiatun, Ari. 2018. Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.

Mussaif, M. M. 2017. Keanekaragaman Budaya Menjadi Basis Pembelajaran BIPA. Nusa, 12 (4), 164-172.

Najmina, Nana. 2018. Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10 (1), 52-56.

Ningrum, Rifqi Kartika., Waluyo, H., Winarmi, R. 2017. BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula. 726-732.

Putri, Fatma Nuraini. 2020. Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8 (1), 16-24.

Sulistiyowati, Eni. 2013. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8 (2), 311-330.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ