PERAN DURASI MEMBACA DAN STATUS IBU BEKERJA TERHADAP LITERASI MEMBACA DAN MENULIS PADA SISWA SMP

Andrielina Firdausih, Ilhamda Fitri, Cahyaning Bakhti Utami

Abstract


Literasi Membaca dan Menulis merupakan hal yang penting bagi generasi muda untuk bisa mengikuti perkembangan di era global. Literasi membaca dan menulis dapat tercipat dengan adanya budaya membaca yang didorong dengan adanya durasi membaca yang tinggi. Orang tua khususnya ibu berepran penting terhadap perkembangan literasi membaca dan menulis anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Data diperoleh dengan menggunakan pengisian kuisioner. Kuisioner penelitian diadaptasi dari National assessment of educational progress (NAEP). Kuisioner Literasi membaca dan menulis disusun berdasarkan Capaian pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah pada kurikulum merdeka oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, riset, dan Teknologi 2022. Penelitian dilakukan pada siswa SMPkelas 8 kelas unggulan dan reguler di salah satu SMP Kabupaten Bondowoso. Jumlah subjek penelitian sebanyak 49 siswa. Analisis data dilakukan analisis deskriptif, analisis independent sampel T-Test, dan Analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara durasi membaca subjek penelitian perempuan dan laki-laki. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa status ibu bekerja dapat berpengaruh terhadap literasi membaca dan menulis


Full Text:

PDF

References


Bamise, OF ; Akande, SO. 2021. Gender Differences in The Reading Habits of Secondary School Student of Osun State Public School. African Educational Research Journal. Vol. 9 No.3. Doi:10.30918/AERJ.93.21.072.

Ferianti, N ; Irna. 2020. Pengembangan Strategi Literasi Keluarga Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini (Penelitian Pengembangan Pada Siswa Kelompok B PAUD BAI Rumah Cendekian Kabupaten Bogor). Cetta : Jurnal Ilmu Pendidikan. Vo. 3. No. 1. Doi : 10.37329/cetta.v3i1.415.

Hasibuan, SW. 2018. Kebiasaan Membaca dan Pilihan Bacaan Pada Mahasiswa Pria dan Wanita Di Universitas Pembangunan Pancabudi. Jurnal Manajemen Tools : Vol. 10. No. 2.

Hurlock, BE. 1980. Development Psychology A Life-Span Approach, Fifth Edition. McGraw-Hill

Inten, DN. Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Golden Age : Vol. 1. No.1. Juni 2017.

Muflikhati I ; Yuliati LN. 2012. Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Dan Konsumen Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Bogor : Penerbit IPB Press.

Muslimin. 2017. Menumbuhkan Budaya Literasi dan Minat Baca dari Kampung. Gorontalo : Ideas Publishing.

Sari, NA; Rukiyah. 2021. Peran Ibu Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak (Studi Kasus Penulis Buku Meydiana Rakhmawati Ismail. Anuva : Vol.5 No. 295-306

Sari, APK; Ruhaena, L. 2017. Peran Ibu Dalam Menumbuhkan Minat Literasi Pada Anak Prasekolah dalam Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Individu di Era Revolusi Informasi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Shohibah, R. Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Pada Anak USia Sekolah Dasar. The F1st International Confference on Language, Literatur, and Teaching. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 4-5April 2017.

Tim Dosen Metodologi Penelitian. 2018. Metodologi Penelittian. Surabaya : Adi Buana University Press.

Warsihna, J. 2016. Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kwangsan. Vol. 4 No 2 Desember 2016.

Yunita, N; Apriliya, S; Hidayat, S. Efektivitas Literasi Keluarga Dalam Mendukung Aktivitas Belajar Anak Di RUmah. Pedadidakta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.9 No.1

Zakiya, dkk. 2018. Remaja, Literasi, dan Penguatan Pendidikan Karakter. Kendari : Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ