UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MEDIA KOMIK
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kemampuan menulis tek berita siswa yang masih rendah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita dengan memanfatkan dan menggunakan media komik. Dengan media komik penulis juga ingin menumbuhkan minat menulis peserta didik dengan kreatifitasnya dalam kemampuan menulis pembelajaran bahasa Indonesia. Pada penelitian ini penulis melakukan penelitian peserta didik kelas VIII MTs Haqqul Yaqin lempasing, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran berjumlah 30 siswa. Data hasil kerja peserta didik dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif atau mixed method. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan jurnal. Hasil dianalisis dengan menggunakan rumusan presentase yaitu dilihat dari aspek kelengkapan isi berita peserta didik dan kemampuan dalam penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan). Dengan penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan menulis teks berita, mendeskripsikan proses pembelajaran menilis teks berita, peningkatan kemampuan menulis teks berita dan perubahan perilaku peserta didik dalam mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan media komik.References
Adyana, Sulis. 2012. “Peningkatan
Keterampilan Menulis Puisi melalui
Metode Think Pair Share dengan
Menggunakan Media Poster Siswa Kelas
VIII A SMP Negeri 2 Gringsing
Kabupaten Batang”. Skripsi. Unnes.
Asih, Tri. 2012. “Peningkatan Keterampilan
Menulis Teks Berita dengan Pendekatan
Kontekstual Komponen Inkuiri melalui
Media Kubus Pintar pada Siswa Kelas
VIII SMP N 1 Ampelgading Pemalang”.
Skripsi. Unnes.
Chow, James. 2001. A News Journal Approach
To Teaching Advanced
Writing.http://iteslj.org/Techniques/Chow
-Newspaper.html. (diunduh 25 Maret
.
Didik, K. (2007). Aku Bisa Menulis (Panduan
Praktis Menulis Kreaktif Lengkap).
Yogyakarta: Sabda Media.
Djuharie, O. Setiawan, dan Suherli. 2005.
Panduan Membuat Karya Tulis.
Bandung: Yrama Widya.
Faqih, Ainur Rohim. 2003. Dasar-Dasa
Jurnalistik. Yogyakarta: LPPAI UII.
Jimstark, Niken Candra Dewi. 2012.
“Peningkatan Keterampilan Menulis Teks
Berita melalui Strategi Menulis Di Sini
dan Saat Ini (DS
-SI) dengan Teknik
Inkuiri Menggunakan Media Foto
Jurnalistik Siswa Kelas VIII B SMP N 1
Banjarejo Kabupaten Blora”. Skripsi.
Unnes.
Muayyidah. 2011. “Peningkatan Keterampilan
Menulis Teks Berita melalui Teknik
Tayasi dengan Media Audio Visual pada
Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 2
Welahan Kabupaten Jepara”. Skripsi.
Unnes.
Nuryati, Sri. 2013. “Peningkatan Keterampilan
Menulis Teks Berita Menggunakan
Model Investigasi Kelompok dan Teknik
M pada Siswa Kelas VIII A MTs.
Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen
Demak”. Skripsi: Unnes
.
Rahmawati, Anis. 2007. “Peningkatan
Keterampilan Menulis Teks Berita
melalui Teknik Pengamatan Gambar
pada Siswa Kelas VIII D SMP N 1
Batangan Pati”. Skripsi. Unnes.
Rohemi, Fitria Nur. 2013. “Peningkatan
Keterampilan Menulis Memo dengan
Menggunakan Model Jigsaw dan Media
Komik Bermuatan Pendidikan Karakter
pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2
Ambarawa”. Skripsi: Unnes.
Sparina, Annisa Citra. 2012. “Peningkatan
Keterampilan Menulis Teks Berita
dengan Model Berpikir Berpasangan
Berbagi Berdasarkan Gaya Belajar V
-
A
-
K pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1
Kertek Wonosobo”. Skripsi. Unnes.
Semi, M. Atar. 1995. Teknik Penulisan Berita,
Features, dan Artikel. Bandung: Angkasa