KARAKTER TOKOH LALA DALAM CERPEN OH, LALA! KARYA. LENA D. MELALUI PENDEKATAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD

Nur Aini, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Karakter tokoh suatu cerita khususnya cerpen merupakan suatu kajian yang dapat diteliti dengan pendekatan psikoanalisis, dimana watak dari tokoh tersebut akan dianalisis melalui pendekatan tersebut. Pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud meneliti bagaimana id, ego dan superego dari suatu tokoh. Penelitian ini mengkaji karakter tokoh Lala dalam cerpen Oh, Lala! melalui pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud dan strategi analisis konten yang menghasilkan penelitian kualitatif. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian yaitu menyiapkan data berupa cerpen, membaca cerpen, mengelompokan data sesuai dengan topik serta kutipan yang ada pada cerpen dan analisis karakter dengan pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan karakter tokoh Lala dalam cerpen Oh, Lala! melalui pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud. Hasil penelitian ini yaitu tinjauan id yang mengedepankan apatis dan egois, tinjauan ego yang mengedepankan cemas serta tanggung jawab dan tinjauan superego yang mengedepankan sikap penyayang.

Full Text:

PDF

References


Baga, M. (2021). Dua Sisi

Kepribadian Bertolak

Belakang: Psikoanalisis

Freudian, dari Novel

Deviasi Karya Mira W.

Ideas: Jurnal Pendidikan,

Sosial, dan Budaya, 7(2).

Cerpen Anak Oh, Lala!. (2020).

(Online) Tersedia

https://bobo.grid.id/read/08

/cerpen-anak-ohlala?page=all. (11

November 2021).

Devi. 2019. Teori Sastra.CV Al

Chalief.

Eli, E., & Sutanto, E. 2020.

Analisis Karakter Tokoh

Wiana pada Novel Cahaya

Surga di Wajah Ibu Karya

Mura Alfa Zaez (Tinjauan

Psikoanalisis). Aksarabaca

Jurnal Bahasa, Sastra, dan

Budaya, 1(1).

Djojosuroto, Kinanti. 2006.

Pengajaran Puisi: Analisis,

dan Pemahaman. Nuansa.

Mudrikah, A., Ekawati, M., &

Nugraheni, M. W. (2018).

Karakter Protagonis Tokoh

“Aku” dalam Novel “Cinta

Tak Pernah Tepat Waktu”

Karya Puthut Ea, dengan

Pendekatan Psikoanalisis

dan Implementasi Apresiasi

Sastra di SMA. Repetisi:

Riset Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia, 1(2).

Sumardjo. 2007. Menulis Cerita

Pendek. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ