ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI SELAPAJANG 3 TAHUN AJARAN 2020/2021

Nur Amalia Fajriah, Dilla Fadhillah, Enawar Enawar, Sumiyani Sumiyani

Abstract


Kemampuan menulis merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang sangat penting dimiliki dan berhubungan erat dengan pembelajaran untuk digunakan sebagai sarana berkomunikasi dengan seseorang secara tidak langsung, untuk dapat menuangkan ide, pikiran, gagasan dan perasaan mereka kedalam bentuk tulisan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu apa saja faktor-faktor penyebab kurangnya kemampuan menulis karangan deskripsi dan bagaimana kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V di SD Negeri Selapajang 3. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek 27 siswa pada kelas V dan guru kelas V. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Tes, Wawancara guru kelas v, Observasi guru kelas v, Observasi siswa kelas v, Dokumentasi dan analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Simpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi sudah cukup baik, pada 5 aspek yang dinilai yaitu : isi gagasan yang dikemukakan, organisasi isi, tata bahasa, gaya : struktur dan kosa kata, ejaan dan tanda baca, dari 27 siswa yang belum memenuhi aspek kemampuan menulis karangan deskripsi, yaitu sebanyak 16% siswa pada aspek isi gagasan, 18% siswa pada aspek organisasi isi, 11% siswa pada aspek tata bahasa, 17% siswa pada aspek Gaya: pilihan struktur dan kosa kata, serta 15% siswa pada aspek ejaan dan tanda baca.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. 2019. Teori Belajar

dan Pembelajaran di Sekolah

Dasar. Jakarta : Kencana

Prenada Media Group.

Dalman, H. 2018. Keterampilan

Menulis, Ed I, Cet-6. Depok :

Rajawali Pers.

Fadhillah, D. Fitriani, H.S.H. 2018.

Pembelajaran Bahasa

Indonesia Kelas Rendah.

Yogyakarta : Samudera

Biru.

Mawardi. 2019. Desain Penelitian

Tindakan Kelas.

Yogyakarta : Samudera

Biru.

Melinda, A.T. Suryatin. Mega, I.P.

”Analisis

Keterampilan Menulis

Karangan Deskripsi Siswa

Kelas VI di SDN 2

Worawari Tahun Pelajaran

/2020”

Muhammad, R.F. 2020. “Analisis

Kemampuan Siswa Dalam

Menulis Karangan

Deskripsi Berdasarkan

Media Video Animasi Pada

Siswa Kelas v SDN

Pringgacala III Kabupaten

Indramayu”. Universitas

Pendidikan Indonesia.

Bandung :

Repository.upi.edu.

Munirah. 2015. Pengembangan

Keterampilan Menulis

Paragraf.

Yogyakarta:Deepublish.

Naki. Nurhayati Abidin. 2018.

“Analisis Kemampuan

Menulis Karangan

Deskripsi Dalam Bahasa

Indonesia Melalui Media

Gambar Seri Pada Siswa

Kelas VII SMP N 18 LAU

Kabupaten Maros. Jurnal

Ilmu Budaya. Volume 6,

Nomor 2, Desember 2018.

Nurfidah. “Analisis Kemampuan

Menulis Teks Deskripsi Pada

Siswa Kelas VII SMP Negeri

Mataram”. JISIP. Vol.3

No.1. 2019

Febri Inggriyani dan Nur A.P.

“Analisis kesulitan

keterampilan menulis

karangan deskripsi peserta

didik di sekolah dasar”.

Didaktik: Jurnal ilmiah

PGSD DTKIP Subang. Vol

Nomor 01, Juni 2021.

Rahmawati. 2017. “Penerapan

Model Konstektual dalam

Pembelajaran Menulis

Karangan Deskripsi”. Jurnal

Diglosia. Vol 1, No 1 (2017).

Redaksi Cemerlang. 2018. PUEBI

Pedoman Umum Ejaan

Bahasa Indonesia & Sastra

Indonesia. Tangerang Selatan

: Redaksi Cemerlang

Sidiq,Umar dan Chori, Miftachul.

Metode Penelitian

Kualitatif di Bidan

Pendidikan. Ponorogo :

CV. Nata Karya.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian

Pendidikan (Kuantitatif,

Kualitatif, Kombinasi, R&D

dan Penelitian Pendidikan).

Bandung : Penerbit Alfabeta.

Suparno, dan Yunus, M. 2019.

Keterampilan Dasar Menulis.

Tangerang Selatan :

Universitas Terbuka.

Yunus, M. 2019. Keterampilan

Menulis. Ed I, Cet-11.

Tangerang Selatan :

Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ