ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI SELAPAJANG 3 TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Kemampuan menulis merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang sangat penting dimiliki dan berhubungan erat dengan pembelajaran untuk digunakan sebagai sarana berkomunikasi dengan seseorang secara tidak langsung, untuk dapat menuangkan ide, pikiran, gagasan dan perasaan mereka kedalam bentuk tulisan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu apa saja faktor-faktor penyebab kurangnya kemampuan menulis karangan deskripsi dan bagaimana kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V di SD Negeri Selapajang 3. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek 27 siswa pada kelas V dan guru kelas V. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Tes, Wawancara guru kelas v, Observasi guru kelas v, Observasi siswa kelas v, Dokumentasi dan analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Simpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi sudah cukup baik, pada 5 aspek yang dinilai yaitu : isi gagasan yang dikemukakan, organisasi isi, tata bahasa, gaya : struktur dan kosa kata, ejaan dan tanda baca, dari 27 siswa yang belum memenuhi aspek kemampuan menulis karangan deskripsi, yaitu sebanyak 16% siswa pada aspek isi gagasan, 18% siswa pada aspek organisasi isi, 11% siswa pada aspek tata bahasa, 17% siswa pada aspek Gaya: pilihan struktur dan kosa kata, serta 15% siswa pada aspek ejaan dan tanda baca.References
Ahmad, Susanto. 2019. Teori Belajar
dan Pembelajaran di Sekolah
Dasar. Jakarta : Kencana
Prenada Media Group.
Dalman, H. 2018. Keterampilan
Menulis, Ed I, Cet-6. Depok :
Rajawali Pers.
Fadhillah, D. Fitriani, H.S.H. 2018.
Pembelajaran Bahasa
Indonesia Kelas Rendah.
Yogyakarta : Samudera
Biru.
Mawardi. 2019. Desain Penelitian
Tindakan Kelas.
Yogyakarta : Samudera
Biru.
Melinda, A.T. Suryatin. Mega, I.P.
”Analisis
Keterampilan Menulis
Karangan Deskripsi Siswa
Kelas VI di SDN 2
Worawari Tahun Pelajaran
/2020”
Muhammad, R.F. 2020. “Analisis
Kemampuan Siswa Dalam
Menulis Karangan
Deskripsi Berdasarkan
Media Video Animasi Pada
Siswa Kelas v SDN
Pringgacala III Kabupaten
Indramayu”. Universitas
Pendidikan Indonesia.
Bandung :
Repository.upi.edu.
Munirah. 2015. Pengembangan
Keterampilan Menulis
Paragraf.
Yogyakarta:Deepublish.
Naki. Nurhayati Abidin. 2018.
“Analisis Kemampuan
Menulis Karangan
Deskripsi Dalam Bahasa
Indonesia Melalui Media
Gambar Seri Pada Siswa
Kelas VII SMP N 18 LAU
Kabupaten Maros. Jurnal
Ilmu Budaya. Volume 6,
Nomor 2, Desember 2018.
Nurfidah. “Analisis Kemampuan
Menulis Teks Deskripsi Pada
Siswa Kelas VII SMP Negeri
Mataram”. JISIP. Vol.3
No.1. 2019
Febri Inggriyani dan Nur A.P.
“Analisis kesulitan
keterampilan menulis
karangan deskripsi peserta
didik di sekolah dasar”.
Didaktik: Jurnal ilmiah
PGSD DTKIP Subang. Vol
Nomor 01, Juni 2021.
Rahmawati. 2017. “Penerapan
Model Konstektual dalam
Pembelajaran Menulis
Karangan Deskripsi”. Jurnal
Diglosia. Vol 1, No 1 (2017).
Redaksi Cemerlang. 2018. PUEBI
Pedoman Umum Ejaan
Bahasa Indonesia & Sastra
Indonesia. Tangerang Selatan
: Redaksi Cemerlang
Sidiq,Umar dan Chori, Miftachul.
Metode Penelitian
Kualitatif di Bidan
Pendidikan. Ponorogo :
CV. Nata Karya.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian
Pendidikan (Kuantitatif,
Kualitatif, Kombinasi, R&D
dan Penelitian Pendidikan).
Bandung : Penerbit Alfabeta.
Suparno, dan Yunus, M. 2019.
Keterampilan Dasar Menulis.
Tangerang Selatan :
Universitas Terbuka.
Yunus, M. 2019. Keterampilan
Menulis. Ed I, Cet-11.
Tangerang Selatan :
Universitas Terbuka.