PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI EDITOR VIDEO VN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMA PM AT-TAQWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan aplikasi editor video VN dalam pembelajaran menulis teks prosedur siswa kelas XI di SMA PM At-Taqwa tahun pelajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah media editor video VN. Objek penelitianya, yaitu siswa kelas XI Mipa 1 semester genap yang berjumlah 24 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan beberapa cara, seperti tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aspek yang dinilai dalam penelitian ini adalah isi, struktur, kaidah penulisan, dan ciri kebahasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI Mipa 1 di SMA PM At-Taqwa dengan penggunaan aplikasi editor video VN mendapatkan skor rata-rata 84. Hal ini terbukti bahwa penggunaan aplikasi editor video VN pada teks prosedur ini menjadi sarana alternatif untuk pesetra didik dalam menulis teks prosedur.References
Arsyad, Azhar. 2017. Media
Pembelajaran. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Fathonah, Khusnul, dkk. 2018. “Pemetaan
Genre Teks Bahasa Indonesia pada
Kurikulum 2013”.
Kbi.kemdikbud.go.id. Diakses
pada 20 September 2021. 2018.
Mahsun. 2018. Teks dalam Pembelajaran
Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Purmadi, Ary, dkk. 2021. Pemanfaatan
Aplikasi VN Untuk Pembuatan
Video Pembelajaran Menggunakan
Telepon Pintar Kepada Guru
PAUD. Jurnal Pengabdian
Masyarakat, Vol 1, No.1. 2021.
Siddik, Mohammad. 2018. Dasar-Dasar
Menulis dan Penerapannya.
Malang: Tunggal Mandiri
Publishing.
Suryani, Nunuk, dkk. 2018. Media
Pembelajaran Inovatif dan
Pengembangannya,
Bandung: PT. Remaja
Rosydakarya.
Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian
Pendidikan Jenis, Metode, dan
Prosedur. Jakarta: Kencana.
Susilana, Rudi dkk. 2015. Media
Pembelajaran: Hakikat,
pengembangan, Pemanfaatan, dan
Penilaian. Bandung: CV Wacana
Prima.