PERMAINAN BAHASA PADA KONTEN IKLAN DI YOUTUBE

Nurul Fauziyah, Nanda Riska Dwi Aprila

Abstract


Permainan bahasa pada sebuah iklan dimanfaatkan untuk keperluan iklan, yaitu menciptakan bahasa iklan yang dapat menarik konsumen. Permainan bahasa yang dimaksud berupa penggunaan kata atau diksi yang dipilih secara tepat. Dalam media iklan terdapat berbagai macam penggunaan kata atau diksi yang digunakan merupakan permainan bahasa dari iklan tersebut dengan tujuan menarik minat konsumen. Maka itu penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi berupa gambaran dari permainan bahasa pada konten iklan yang tayang melalui aplikasi YouTube serta memeroleh makna dari permainan bahasa tersebut berdasarkan kajian sosiolinguistik. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan permainan bahasa pada iklan yang ditayangkan. Sumber data yang dimanfaatkan adalah iklan yang tayang di YouTube dan menggunakan teknik dokumentasi dengan mengambil data secara bertahap yaitu menyimak, mencatat dan melakukan tangkapan layar ketika tampil tayangan iklan tersebut. Peneliti menganalisis permainan bahasa pada tayangan iklan yang berjudul (1) Fatin x Rejoice : Hijabbisa, (2) TikTok Lite, (3) Pop Mie Bakso (4) Samsung Indonesia: Ramadhan Lebih Indah dengan Samsung Lifestyle TV, (5) InDriver: Transportasi alternatif, (6) Titi Kamal & Christian Sugiono, Iklan Sabun Lifebouy, (7) COVID-19, Cara Pencegahan Virus Corona, (8) Shopee COD, (9) Garnier Serum Mask, dan (10) Dove Serum Sampo. Dari tayangan video iklan tersebut terdapat bentuk pengulangan bunyi (rima), pengulangan kata, dan bentuk tuturan atau sindiran yang akan dianalisis juga fungsinya.

Full Text:

PDF

References


Bagut, I. Y. (2019). Penggunaan Bahasa

Dalam Iklan Minuman Di Youtube.

ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra,

dan Pembelajarannya, 2(2), 50–62.

https://doi.org/10.33503/alfabeta.v2i

586

Bahing, Emzir, & Rafi, Z. (2018). English

Speech Acts of Illocutionary Force

in Class Interaction. Advances in Language

and Literary Studies, 9(3), 113.

https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.9n

.3p.113

Chaer, A., & Leonie, A. (2014).

Sosiolinguistik (Revisi). Rineka

Cipta.

Fajriyana, N. (2020). Permainan bahasa

dalam wacana dakwah k.h. Anwar

zahid.

Gorys, K. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa.

Gramedia Pustaka Utama.

Gumgum, G., Justito, A., & Nunik, M.

(2017). Literasi Media: Cerdas

Menggunakan Media Sosial Dalam

Menanggulangi Berita Palsu (Hoax)

Oleh Siswa Sma. Pengabdian

Kepada Masyarakat, 1(1).

Hudaa, S., & Bahtiar, A. (2020). Variasi

Bahasa Kaum Milenial: Bentuk

Akronim dan Palindrom dalam

Media Sosial. ESTETIK: Jurnal

Bahasa Indonesia, 3(1), 41.

https://doi.org/10.29240/estetik.v3i1

.1470

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran:

Suatu pendekatan Baru. Referensi.

Mutia, A. (2008). Permainan bahasa...,

Annissa Mutia, FIB UI, 2008.

Prihatini, A. (2015). Master Bahasa

Indonesia. B-First.

Putri, M. O. (2014). Permainan Bahasa

dalam Bahasa Jawa sebagai Wahana

Kritik Sosial. 1, 6–16.

Safitri, D. (2013). Permainan Bahasa dalam

Wacana Plesetan Stiker HUmor di

Wilayah Bantul dan Yogyakarta.

Saputry, D. (2015). Permainan Bahasa pada

Plat Nomor Kendaraan Bermotor (

Suatu Kajian Sosiolinguistik ).

Jurnal Kreasi, 15(1), 1–14.

Soeparno. (2014). Dasar-Dasar Linguistik

Umum (2 ed.). Tiara Wacana.

Wijana, I. D. P., & Rohmadi, M. (2012).

Sosiolinguitik: Kajian Teori dan

Analisis. Pustaka Pelajar.

Yundayani, A., Emzir, E., & Rafi. (2017).

Need Analysis: The Writing Skill

Instructional Material Context for

Academic Purposes. English Review:

Journal of English Education,

(1), 59.

https://doi.org/10.25134/erjee.v6i1.7

Zuni, L. (2019). Permainan Bahasa Komika

Ridwan Remin Dalam Acara Grand

Final Stand Up Comedy Indonesia.

Basindo: Jurnal Kajian Bahasa,

Sastra Indonesia, dan

Pembelajaran, 3, 271–282.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ