PEMANFAATAN MEDIA QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA CERITA RAKYAT KELAS X
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manfaat aplikasi quizizz, baik untuk guru maupun untuk siswa/i, sebagai media pembelajaran. Lebih lanjut lagi, penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah aplikasi ini dapat membantu guru untuk melakukan evaluasi dan memberikan soal latihan kepada siswa/i. Metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengetahui manfaat aplikasi quizizz dengan cara melakukan eksperimen menggunakan aplikasi tersebut kemudian mengumpulkan informasi terkait penggunaannya. Responden yang akan menggunakan aplikasi quizizz di dalam penelitian ini terdiri dari siswa/i serta guru.Berdasarkan komentar dari responden, pada awalnya mereka merasa tidak tertarik pada aplikasi ini, tetapi akhirnya mereka menjadi mulai tertarik dengan tampilannya.Siswa/i menilai bahwa aplikasi ini menarik, interaktif, menantang, dan dapat mengasah kreativitas.Selain itu, guru menilai bahwa aplikasi ini bermanfaat dalam pembelajaran.Aplikasi ini dapat digunakan secara langsung maupun secara daring.Selama tersedia fasilitas dan infrastruktur yang mendukung, aplikasi ini dapat dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Aplikasi quizizz ini sudah beberapa kali peneliti gunakan untuk mengevaluasi siswa/i di sekolah SMK Sirajul Falah, dari 35 siswa/i hampir 92% mereka tertarik dan terlihat bahwa mereka memang menyukai media pembelajaran quizizz ini.Selain mudah digunakan aplikasi quizizz ini juga sangat menarik dan dapat membantu dalam pembelajaran bahasa Indonesia dalam menghadapi era 4.0 ini.References
Yunisari, Dewi dan Fakhriyah, Amsal
Amri. (2016). Pengembangan
Kecerdasan Naturalis Anak Di Sentra
Bahan Alam Pada PAUD Terpadu
Dharma Wanita Kota Jantho
Kabupaten Aceh Besar. Vol.1, No.1
Mulyadi.Mohammad. (2011). Penelitian
Kuantitatif Dan Kualitatif Serta
Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Vol.15. No.1. Hal.130
Penelitian Kuantitatif. 2020. [Online]
Tersedia:
https://raharja.ac.id/2020/10/29/peneli
tian-kuantitatif [21 Juli 2021].
Aini, Yulia Isratul. 2019. Pemanfaatan
Media Pembelajaran Quizizz Untuk
Pembelajaran Jenjang Pendidikan
Dasar Dan Menengah Di
Bengkulu.Vol 2. No 25. Hal 2
Hanifah, unik, dkk. 2020. Pemanfaatan
Aplikasi Quizizz Sebagai Media
Pembelajaran Di tengah Pandemi
Pada Siswa SMA. Vol 4, No 2, Hal
Adam,Steffi & Syastra, Muhammad
Taufik. 2015. Pemanfaatan Media
Pembelajaran Berbasis Teknologi
Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA
Ananda Batam. CBIS Journal,
Volume 3 No 2, ISSN 2337-8794
Emda, Amna.(2017). Kedudukan Motivasi
Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.
Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2
(2017) 93-196
Hardjito.(2002). Internet Untuk
Pembelajaran.
http://www.pustekkom.go.id. di
download pada tanggal 15 Oktober
Ali, “Studi Pemanfaatan E-Learning
sebagai Media Pembelajaran Guru
dan Siswa SMK di Yogyakarta”
Jurnal Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol
, Nomor 1, Februari 2015
Yazdi. 2012. E-Learning sebagai Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis
Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah
Foristek. Vol. 2, No. 1, Maret 2012.
Aulia, F., 2014. Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis
Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa. Unesa Journal of
Chemical Education, Vol 2. No.3