PEMANFAATAN MEDIA QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA CERITA RAKYAT KELAS X

Nurul Hidayah, Salsa Ulya Hambali, Trissa Fitri Millenia

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manfaat aplikasi quizizz, baik untuk guru maupun untuk siswa/i, sebagai media pembelajaran. Lebih lanjut lagi, penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah aplikasi ini dapat membantu guru untuk melakukan evaluasi dan memberikan soal latihan kepada siswa/i. Metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengetahui manfaat aplikasi quizizz dengan cara melakukan eksperimen menggunakan aplikasi tersebut kemudian mengumpulkan informasi terkait penggunaannya. Responden yang akan menggunakan aplikasi quizizz di dalam penelitian ini terdiri dari siswa/i serta guru.Berdasarkan komentar dari responden, pada awalnya mereka merasa tidak tertarik pada aplikasi ini, tetapi akhirnya mereka menjadi mulai tertarik dengan tampilannya.Siswa/i menilai bahwa aplikasi ini menarik, interaktif, menantang, dan dapat mengasah kreativitas.Selain itu, guru menilai bahwa aplikasi ini bermanfaat dalam pembelajaran.Aplikasi ini dapat digunakan secara langsung maupun secara daring.Selama tersedia fasilitas dan infrastruktur yang mendukung, aplikasi ini dapat dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Aplikasi quizizz ini sudah beberapa kali peneliti gunakan untuk mengevaluasi siswa/i di sekolah SMK Sirajul Falah, dari 35 siswa/i hampir 92% mereka tertarik dan terlihat bahwa mereka memang menyukai media pembelajaran quizizz ini.Selain mudah digunakan aplikasi quizizz ini juga sangat menarik dan dapat membantu dalam pembelajaran bahasa Indonesia dalam menghadapi era 4.0 ini.

Full Text:

PDF

References


Yunisari, Dewi dan Fakhriyah, Amsal

Amri. (2016). Pengembangan

Kecerdasan Naturalis Anak Di Sentra

Bahan Alam Pada PAUD Terpadu

Dharma Wanita Kota Jantho

Kabupaten Aceh Besar. Vol.1, No.1

Mulyadi.Mohammad. (2011). Penelitian

Kuantitatif Dan Kualitatif Serta

Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Vol.15. No.1. Hal.130

Penelitian Kuantitatif. 2020. [Online]

Tersedia:

https://raharja.ac.id/2020/10/29/peneli

tian-kuantitatif [21 Juli 2021].

Aini, Yulia Isratul. 2019. Pemanfaatan

Media Pembelajaran Quizizz Untuk

Pembelajaran Jenjang Pendidikan

Dasar Dan Menengah Di

Bengkulu.Vol 2. No 25. Hal 2

Hanifah, unik, dkk. 2020. Pemanfaatan

Aplikasi Quizizz Sebagai Media

Pembelajaran Di tengah Pandemi

Pada Siswa SMA. Vol 4, No 2, Hal

Adam,Steffi & Syastra, Muhammad

Taufik. 2015. Pemanfaatan Media

Pembelajaran Berbasis Teknologi

Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA

Ananda Batam. CBIS Journal,

Volume 3 No 2, ISSN 2337-8794

Emda, Amna.(2017). Kedudukan Motivasi

Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.

Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2

(2017) 93-196

Hardjito.(2002). Internet Untuk

Pembelajaran.

http://www.pustekkom.go.id. di

download pada tanggal 15 Oktober

Ali, “Studi Pemanfaatan E-Learning

sebagai Media Pembelajaran Guru

dan Siswa SMK di Yogyakarta”

Jurnal Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol

, Nomor 1, Februari 2015

Yazdi. 2012. E-Learning sebagai Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis

Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah

Foristek. Vol. 2, No. 1, Maret 2012.

Aulia, F., 2014. Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis

Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa. Unesa Journal of

Chemical Education, Vol 2. No.3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ