KOGNISI SEMANTIK PEMEROLEHAN BAHASA PADA JOJO (ANAK UMUR 3 TAHUN)

Oratna Sembiring

Abstract


Artikel ini membahas tentang kognisi semantik pemerolehan bahasa pada Jojo (3 tahun) dalam pandangan Chomsky dengan melihat perspektif aliran kognitivisme, nativisme dan transformatif generatif yang mempengaruhi pemerolehan semantik pada pemerolehan makna kata. Pemerolehan semantik merupakan pemerolehan bahasa anak tentang peran LAD (language acquisition device) sehingga dengan alat bahasa ini memungkinkan manusia secara kreatif membentuk konsep tentang struktur semantik yang dibangun dalam kognisi. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik sadap, mengacu pada percakapan dan mencatat. Hasil penelitian menemukan pemerolehan semantik terdiri dari 2 yaitu Overextension (penggelembungan) dan Underextension (penyusutan). Beberapa tahapan pemerolehan semantik pada anak usia 3 tahun adalah tahap penyempitan makna, tahap bidang semantik, dan tahap generalisasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada usia 3 tahun Jojo mengalami proses semantik yang disebut overextension atau gelembung makna. Selain overextension, Jojo juga mengalami proses semantik yang disebut underextension atau penyusutan makna karena perbedaan suara bebek pada film kartun dengan suara bebek sesungguhnya.

Full Text:

PDF

References


Aniswita, Neviyarni.2020.

Perkembangan Kognitif,

Bahasa, Perkembangan SosioEmosional, Dan Implikasinya

Dalam Pembelajaran. Padang.

UNP.Inovasi Pendidikan Vol. 7.

No 2, November 2020

Chaer,

Abdul.2009”Psikolinguistik;

Kajian Teoritik”Jakarta;Rineka

Cipta.Daulay, Syahnan.2010.

”Pemerolehan dan

Pembelajaran Bahasa”.

Bandung Citapustaka Media

Perintis

Halid, Elan.2019.Analisis

Pemerolehan Semantik Anak

Usia 5 Tahun: Tinjauan

Psikolinguistik. FKIP

UMSB.Inovasi Pendidikan Vol.

No 1, Maret 2019

Irayanti, Amelia. 2013.

Penggelembungan Dan

Penciutan Maknapada

Kosakata Bahasa

Inpenggelembungan Dan

Penciutan Maknapada

Kosakata Bahasa Indonesia

Anak Usia 2−3 Tahun: Analisis

Psikolinguistikdonesia Anak

Usia 2−3 Tahun: Analisis

Psikolinguistik.Medan:USU.

Kaharuddin, Mutahharah

Nemin .2017.Tesis:Struktur

Kalimat Tunggal Bahasa

Indonesia

Pada Murid Paud Di

Kecamatan Tamalanrea Kota

Makassar: Analisis

Transformasi

Generatif.Makasar. Univ.

Hasanuddin

Rifaldi, Ahmad

A’rief .2020.Pengaruh Lagu

Dewasa Terhadap Pemerolehan

Bahasa Anak Usia Tiga

Tahun .Jakarta., UIN Syarif

Hidayatullah.Volume 5 Nomor

April 2020 Jurnal Membaca

Http://Jurnal.Untirta.Ac.Id/Inde

x.Php/Jurnalmembaca

Saepudin.2018. Teori Linguistik

Dan Psikologi Dalam

Pembelajaran

Bahasa.Parepare.IAIN

Jurnal Studi Pendidikan Vol XVI

Permata, Bagus Andrian.2015.

Teori Generatif-Transformatif

Noam Chomsky Dan

Relevansinya Dalam

Pembelajaran Bahasa

Arab.EmpirismaVol. 24 No. 2

Juli 2015

Nurhadi, 2020. Teori Kognitivisme

Serta Aplikasinya Dalam

Pembelajaran.Pekan

Baru.STAI

Jurnal Edukasi dan Sains Volume

, Nomor 1, Juni 2020

Yunisa Oktavia.2015.

Pemerolehan Semantik Bahasa

Minangkabau Anak Usia Tiga

Tahun Enam Bulan.Batam

Universitas Putera Batam


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ