KOGNISI SEMANTIK PEMEROLEHAN BAHASA PADA JOJO (ANAK UMUR 3 TAHUN)
Abstract
Artikel ini membahas tentang kognisi semantik pemerolehan bahasa pada Jojo (3 tahun) dalam pandangan Chomsky dengan melihat perspektif aliran kognitivisme, nativisme dan transformatif generatif yang mempengaruhi pemerolehan semantik pada pemerolehan makna kata. Pemerolehan semantik merupakan pemerolehan bahasa anak tentang peran LAD (language acquisition device) sehingga dengan alat bahasa ini memungkinkan manusia secara kreatif membentuk konsep tentang struktur semantik yang dibangun dalam kognisi. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik sadap, mengacu pada percakapan dan mencatat. Hasil penelitian menemukan pemerolehan semantik terdiri dari 2 yaitu Overextension (penggelembungan) dan Underextension (penyusutan). Beberapa tahapan pemerolehan semantik pada anak usia 3 tahun adalah tahap penyempitan makna, tahap bidang semantik, dan tahap generalisasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada usia 3 tahun Jojo mengalami proses semantik yang disebut overextension atau gelembung makna. Selain overextension, Jojo juga mengalami proses semantik yang disebut underextension atau penyusutan makna karena perbedaan suara bebek pada film kartun dengan suara bebek sesungguhnya.References
Aniswita, Neviyarni.2020.
Perkembangan Kognitif,
Bahasa, Perkembangan SosioEmosional, Dan Implikasinya
Dalam Pembelajaran. Padang.
UNP.Inovasi Pendidikan Vol. 7.
No 2, November 2020
Chaer,
Abdul.2009”Psikolinguistik;
Kajian Teoritik”Jakarta;Rineka
Cipta.Daulay, Syahnan.2010.
”Pemerolehan dan
Pembelajaran Bahasa”.
Bandung Citapustaka Media
Perintis
Halid, Elan.2019.Analisis
Pemerolehan Semantik Anak
Usia 5 Tahun: Tinjauan
Psikolinguistik. FKIP
UMSB.Inovasi Pendidikan Vol.
No 1, Maret 2019
Irayanti, Amelia. 2013.
Penggelembungan Dan
Penciutan Maknapada
Kosakata Bahasa
Inpenggelembungan Dan
Penciutan Maknapada
Kosakata Bahasa Indonesia
Anak Usia 2−3 Tahun: Analisis
Psikolinguistikdonesia Anak
Usia 2−3 Tahun: Analisis
Psikolinguistik.Medan:USU.
Kaharuddin, Mutahharah
Nemin .2017.Tesis:Struktur
Kalimat Tunggal Bahasa
Indonesia
Pada Murid Paud Di
Kecamatan Tamalanrea Kota
Makassar: Analisis
Transformasi
Generatif.Makasar. Univ.
Hasanuddin
Rifaldi, Ahmad
A’rief .2020.Pengaruh Lagu
Dewasa Terhadap Pemerolehan
Bahasa Anak Usia Tiga
Tahun .Jakarta., UIN Syarif
Hidayatullah.Volume 5 Nomor
April 2020 Jurnal Membaca
Http://Jurnal.Untirta.Ac.Id/Inde
x.Php/Jurnalmembaca
Saepudin.2018. Teori Linguistik
Dan Psikologi Dalam
Pembelajaran
Bahasa.Parepare.IAIN
Jurnal Studi Pendidikan Vol XVI
Permata, Bagus Andrian.2015.
Teori Generatif-Transformatif
Noam Chomsky Dan
Relevansinya Dalam
Pembelajaran Bahasa
Arab.EmpirismaVol. 24 No. 2
Juli 2015
Nurhadi, 2020. Teori Kognitivisme
Serta Aplikasinya Dalam
Pembelajaran.Pekan
Baru.STAI
Jurnal Edukasi dan Sains Volume
, Nomor 1, Juni 2020
Yunisa Oktavia.2015.
Pemerolehan Semantik Bahasa
Minangkabau Anak Usia Tiga
Tahun Enam Bulan.Batam
Universitas Putera Batam