ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM KOMUNIKASI MASYARAKAT DI KOTA DEPOK

Angga Angga, Tuti Susilawati, Ratna Dewi Kartikasari

Abstract


Artikel ini membahas mengenai alih kode dengan campur kode dalam faktor-faktor yang menjadi penyebab adanya kebahasaan ini. Data yang diperoleh yaitu adanya komunikasi masyarakat di kota Depok. Tujuan dalam penelitian ini dimaksudkan agar mengetahui kebahasaan yang dipakai penutur saat berkomunikasi terhadap mitra tutur. Metode tersebut menggunakan kualitatif deskirptif dalam menginterpretasikan objek yang terjadi di dalam masyarakat kota Depok. Dalam penelitian yang dilakukan adalah metode yang diguanakan yaitu observasi dalam mengetahui tuturan kebahasaan yang dilakukan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa dalam komunikasi masyarakat di kota Depok dapat terjadinya alih kode dan campur kode berupa bahasa Jawa dan bahasa Indoensia dengan adanya kebiasaan penutur dengan mitra tutur.


Full Text:

PDF

References


Abidin,,Yunus.22019. KonsepDDasarRBahasaAIndonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Agustinuraida, Ida. 2017. Alih Kode dan Campur Kode dalam Tururan Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Galuh Ciamis. Jurnal Diksatrasia. Volume 1 Nomor 2 Agustus 2017.

Bhakti, Wirayudha Pramana. 2020. Pergeseran Penggunaan Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia dalam Komunikasi Keluarga di Sleman. Jurnal Skripta. Volume 6, Nomor 1, September 2020.

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2014). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Coulmas, F. 2013. Sociolinguistics : “The study of speakers’ choices.” Cambridge : Cambridge university press.

Ferdianto, Hasbilah Ahmad. 2020. Alih Kode dan Campur Kode dalam Perbincangan Gastronomi di Perpustakaan Trotoar Malang. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Pembelajaran. Volume 13 Nomor 32.

H. A. W.Widjaja.Ilmu Komunikasi Pengantar Studi(Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013), 32.

Khoirurrohman, Taufiq, dan Cintya Nurika Irma. 2020. Alih Kode dan Campur Kode pada Percakapan Masyarakat Dukuh Cikamuning (Kajian Sosiolinguistik). Dialektika: Jurnal Pendidikan. Volume 4 No.1 Mei 2020.

Lapasau, Merry dan Arifin E. Zaenal (2016). Sosiolinguistik. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.

Manshur, Ali, dan Dewi Fatimatuz Zahro. 2020. Analisis Penggunaan Campur Kode dalam Ceramah K.H. Bahauddin Nur Salim. Jurnal Tarbiyatuna. Volume 1, Nomor 1, Desember 2020.

Marni, Wa Ode. 2016. Campur Kode dan Alih Kode dalam Peristiwa Jual Beli di Pasar Labuan Tobelo Kecamatan Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra). Volume 2 Nomor 1.

Nuwa, Gustav G. 2017. Campur Kode dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Alok Maumere Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Bindo Sastra. Volume 1 Nomor 2, 2017.

Putra, I Gusti Ngurah Gumana. 2018. Alih Kode dalam Pertunjukan Wayang Kulit Bali Inovatif. Jurnal Segara Widya. Volume 1 Nomor 1, 2018.

Putu Wijana Dewa dan Muhammad Rohmadi, 2012, Sosiolinguistik Ceta-kan IV, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Rahardi, K. (2015). Kajian Sosiolinguistik. Cetakan Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rokhman, Fatur. 2013. Sosiolinguistik Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikulturan. Semarang: Graha Ilmu.

Sumarsono. (2013). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suandi, Nengah. 2014. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suandi, I Nengah. 2014. Sosiolinguistik. Singaraja: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry. Guntur. (2015). Pengajaran Sintaksis.Bandung: CV. Angkasa.

Yuana, Cuk. 2020. Analisis Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode dalam Lirik Lagu Aimer Album Dawn dan Sleepless Nights. MEZURASHII: Journal of Japanese Studies. Volume 2 Nomor 1 Januari 2020.

Yuricki, Effrina. 2020. Alih Kode dan Campur Kode pada Pembelajaran Siswa SMPN 3 Lambu Kibang Tulang Bawang Barat. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra. Volume 1 No.2.

Yusnan, Muhammad, dkk. 2020. Alih Kode dan Campur Kode pada Novel Badai Matahari Andalusia Karya Hary El-Parsia. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS). Vol 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ