Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0

Agus Supandi, Sara Sahrazad, Arief Nugroho Wibowo, Sigit Widiyarto

Abstract


Era pendidikan yang dipengaruhi oleh revolusi industri 4.0 disebut Pendidikan 4.0. Education 4.0 adalah pendidikan yang ditandai dengan penggunaan teknologi digital dalam proses pembelajaran atau dikenal sebagai sistem cyber. Sistem ini mampu membuat proses pembelajaran berlangsung secara berkala tanpa batasan ruang dan waktu. Para guru dituntut untuk berinovasi dan dapat belajar dalam rangka menyesuaikan pengetahuan dan kemampuan diera industry 4.0. Hal ini disebabkan oleh perubahan zaman yang diikuti oleh perubahan teknologi yang sangat cepat. Perubahan yang cepat harus diimbangi oleh keterampilan teknologi yang tepat dan andal. Pembelajaran dan pendidikan 4.0 mengharuskan guru untuk beradaptasi dengan teknologi canggih. Penerapan teknologi dapat mempercepat kesiapan siswa untuk bertemu milenium. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan  di SMA Negeri 14 Terbuka Bekasi.Jumlah guru sebanyak 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pelatihan aplikasi pembelajaran berbasis ruang kelas Google dan Kuis, kemampuan rata-rata adalah 72,5.Masuk katagori cukup.sebelmnya hanya ada 2 guru yang sudah menggunkan pembelajaran berbasis system informasi. Sedangkan penilaian meliputi aspek,   pertama tampilan layar, kedua penggunaan foto pembelajaran, ketiga pengunaan materi yang menarik , kompetensi dasar  dan keempat kalimat interaktif . Kalimat yang digunakan hendaknya dapat dimengerti dan memotivasi anak dapat belajr dengan baik.  Guru harus menerapkan informasi pembelajaran berdasarkan materi dan tujuan pembelajaran . Pembelajaran tidak hanya di ruang kelas tetapi bisa juga secara online. Siswa dapat membiasakan belajar dengan menggunakan internet. Siswa tidak hanya menggunakan daring untuk bersosial media , namun lebih dari itu, bisa untuk pembelajaran yang efektif dan efesien.

Kata kunci: analisis, kompetensi guru, pendidikan. 4.0


Full Text:

PDF

References


Budiwibowo, Satrijo. (2014). Pengaruh

Gaya Kepemimpinan Transaksional, Transforma sional dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru (Karyawan) di Kota Madiun. Premiere Educandum, 4(2), 119 – 132.

Misbahudin. (2013). Analisis Data

Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara Jakarta.

Rahim, Fanny Rahmatina et al. (2017).

Studi Pengalaman Guru-Guru MTsN 6 Pesisir Selatan Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guna Meningkatan Iptek Masyarakat Serta Mewujudkan Guru yang Profesional. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 80-87, dec. 2017. ISSN 2579-860X.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian

Kuantitatif Kualititatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Ilias, K., & Ladin, C. A. (2018).

Pengetahuan dan kesediaan Revolusi Industri 4.0 dalam kalangan pelajar Institut Pendidikan Guru Kampus Ipoh. O-JIE: Online Journal of Islamic Education, 6(2), 18-26.

Ibda, H., & Rahmadi, E. (2018). Penguatan

Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1-21


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ