Teknologi Aplikasi yang Menunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era 4.0

Anisa Kirana Dewi Putri Syahban, Andini Aprilia, Amira Nisrina Huwaida Alamsyah

Abstract


Dunia pendidikan selalu mengikuti perkembangan teknologi, dengan adanya teknologi yang canggih ini dapat berguna untuk memudahkan para peserta didik dan juga guru dalam melakukan pembelajaran. Perkembangan teknologi menghadirkan aplikasi yang bisa digunakan dalam pembelajara Bahasa Indonesia. Penulis mencari tahu data mengenai aplikasi yang nantinya dapat dijadikan referensi sebagai alat pembelajaran. Aplikasi yang dibuat khusus untuk pembelajaran Bahasa Indonesia seperti, KBBI, PUEBI, Ayo Belajar Membaca, BSE Bahasa Indonesia, dan Kamus Bahasa Daerah Indonesia. Kemudian ada aplikasi yang bisa digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan bisa digunakan untuk pelajaran lainnya seperti Kahoot, Edmodo, Zenius, Google Classroom, Powtoon, dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan aplikasi-aplikasi tersebut dan penelitian ini tidak terbatas pada waktu dan tempat.

Kata kunci: teknologi, aplikasi, pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Mustikawati, Fenny Eka. (2019). “Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia” dalam Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Purwanto, Agus. 2016. Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Berbasis Animasi. Jurnal Sistem dan Informatika.Vol. 11 No. 1 November 2016.

Pradipta, Meitri Widya. 2017. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android Menggunakan Metode Computer Assisted Intruction (CAI). Jurnal INTI.Vol. 9 No. 1 Januari 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ