Efektivitas, Efisiensi, dan Responsivitas Kebijakan Regrouping Sekolah di Wilayah Jakarta Selatan

Aryono Fajar Harianto

Abstract


Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dasar menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pemerintah dalam setiap kebijakan pendidikan yang dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang faktual mengenai implementasi kebijakan regrouping di sekolah cagar budaya yang terdiri dari SDN Manggarai 01 Pagi dan SDN Gunung 05 Pagi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu evaluatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru, dan Karyawan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan regrouping sekolah sangat tepat diimplementasikan karena tidak ada lagi siswa yang masuk sekolah pada siang hari sehingga siswa menjadi lebih efektif dalam menerima materi pelajaran di kelas. Kebijakan regrouping sekolah membuat guru dapat saling bekerjasama dan berdiskusi mengenai materi pelajaran dan strategi pembelajaran yang tepat untuk diterapkan. Fasilitas sekolah juga menjadi memadai dan fleksibel untuk digunakan sehingga guru dapat lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan mengajar. Rasa tanggung jawab dan memiliki menjadi meningkat antarwarga sekolah sehingga benda-benda cagar budaya dapat dijaga dengan baik. Kepala sekolah juga dapat mengelola sekolah dengan lebih efektif dan efisien sehingga penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan lancar.

Kata kunci: kebijakan regrouping, pengelolaan sekolah, efektif, efisien


Full Text:

PDF

References


Azziz, R., Hentschke, G. C., Parthenon- EY, E., Young, L. L. P., Jacobs, B. C., Jacobs, L. A., & Ladd, H. (2017). Mergers in Higher Education: A proactive strategy to a better future?.

Bell, L., & Stevenson, H. (2006). Education policy: Process, themes and impact. Taylor & Francis.

Dumciuviene, D. (2015). The Impact of Education Policy to Country Economic Development. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 191, 2427- 2436. doi:10.1016/j.sbspro.2015.0 4.302

Dunn, W. N. (2017). Public policy analysis: an integrated approach. Routledge.

Gün, F., & Baskan, G. A. (2014). New Education System in Turkey (4+4+4): A Critical Outlook. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 131, 229– 235. doi:10.1016/j.sbspro.2014.04

Kłosowski, S. (2012). The application of organizational restructuring in enterprise strategic management process. Management, 16(2), 54- 62 doi:10.2478/v10286-012- 0055-z

Liu, C., Zhang, L., Luo, R., Rozelle, S., & Loyalka, P. (2010). The effect of primary school mergers on academic performance of students in rural China. International Journal of Educational Development, 30(6), 570– 585. doi:10.1016/j.ijedudev.2010. 05.003

McDavid, J. C., Huse, I., & Hawthorn, L. R. (2019). Program evaluation and performance measurement: An introduction to practice. Sage Publications.

Mo, D., Yi, H., Zhang, L., Shi, Y., Rozelle, S., & Medina, A. (2012). Transfer paths and academic performance: The primary school merger program in china. International Journal of Educational Development, 32(3), 423- 431. doi:10.1016/j.ijedudev.2011. 11.001

Naicker, S. R., & Mkhabele, N. N. (2019). Resistance to School Mergers by Traditional Leaders, Principals and Parents. Africa Education Review, 1- 15. doi:10.1080/18146627.2018.1 534548

Pennsylvania School Boards Association. (2009). Merger/Consolidation of School Districts: Does it save money and improve student achievement. Rep. Mechanicsburg: Pennsylvania School Boards Association.

Peraturan Gubernur DKI Jakarta 2012 No. 105. Prosedur Pendirian, Penggabungan, dan Penutupan Lembaga Pendidikan. Jakarta.

Setiawati, T. (2018). Program Penggabungan Sekolah Dasar (SD) Dalam Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Penyelenggaraan Pendidikan. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 55-62.

Tochot, P., Junpeng, P., & Makmee, P. (2012). Measurement Model of Evaluation Utilization: External Evaluation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69, 1751– 1756. doi:10.1016/j.sbspro.2012.1 2.124

Undang-Undang RI 2000 No. 20. Program Pembangunan Nasional (Propenas) Tahun 2000-2004. Jakarta.

van Graan, J., & Wilfred, I. U. (2012). An inclusive approach to structural transformation in organisational restructuring. African Journal of Business Management, 6(50), 11916– 11922. doi:10.5897/ajbm12.1439

Yin, R. K. (2011). Qualitative research from start to finish. Guilford Publications.

Yirci, R., & Karaköse, T. (2010). Democratic education policy and Turkish education system. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 9, 1330- 1334. doi:10.1016/j.sbspro.2010.1 2.329


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ