PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP TINDAK TUTUR ANAK

Rahmat Rahmat

Abstract


Lingkungan yang paling dominan memengaruhi tindak tutur seorang anak adalah lingkungan keluarga. Keluargalah yang mempunyai peranan penting dalam proses imitasi atau meniru. Tindak tutur sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu (1) lokusi, (2) ilokusi, (3) dan perlokusi. Dalam penelitian ini, pencarian data dilakukan secara langsung melalui pengamatan atau observasi. Hasilnya, ditemukan data mengenai tidak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. Setiap tuturan baik tindak lokusi, tindak ilokusi dan tindak perlokusi terdapat pengaruh dari lingkungan keluarga. Temuan-temuan berupa tindak tutur dalam bentuk tuturan kasar dipengaruhi oleh tuturan saudara kandung si penutur. Artinya, keluarga turut Andil dalam perkembangan tindak-tutur anak

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004.

Sosiolinguistik Perkenalan Awal.

Jakarta : PT Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soejono. 2003.

Pikolinguistik (Pengantar Pemahaman

Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan

Obor Indonesia

Ibrahim, Syukur. 1993. Kajian Tindak

Tutur. Surabaya: Usaha Nasional

Kurniasari, A. D., Nasucha, Y., Al-Ma’ruf,

A. I., & Sabardila, A.

PEMEROLEHAN BENTUK

BAHASA ANAK DI LINGKUNGAN

KELUARGA TERDIDIK

PERKOTAAN. Cakrawala Dini:

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

(1), 73-82.

Luntungan, G. S. (2013). Tindak Tutur

Langsung Tidak Literal Pada Keluarga

Batih Yang Berbahasa Melayu

Manado. Jurnal Pendidikan Bahasa

dan Sastra, 13(2), 118-128.

Ocktarani, Y. M. (2017). Kemampuan

reseptif Anak Usia Tiga Tahun

terhadap Tindak tutur Direktif.

Lingua, 13(2), 182-192.

Rahmat. 2020. Campur Kode pada Sivitas

Akademik UBP Karawang.

PROSIDING KONFERENSI

NASIONAL PENELITIAN DAN

PENGABDIAN (KNPP) KE-1

UNIVERSITAS BUANA

PERJUANGAN KARAWANG

“Inovasi Perguruan Tinggi dalam

Mendukung Industri Kreatif di Era

Digital E-ISSN : 2798-2580.

Ratna, R. (2020). Realisasi Tindak Tutur

Direktif Anak Usia Dini dan Norma

Kesantunan dalam Masyarakat

Ternate. Tékstual, 18(1), 24-

Siddiq, M. (2019). Tindak Tutur

dan Pemerolehan Pragmatik pada

Anak Usia Dini. KREDO: Jurnal

Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 268-

Yenni, E., Yusriati, Y., & Sari, A. W.

(2018). Pola Pengajaran kesantunan

berbahasa anak di lingkungan

keluarga. Jurnal tarbiyah, 25(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ