PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP TINDAK TUTUR ANAK
Abstract
Lingkungan yang paling dominan memengaruhi tindak tutur seorang anak adalah lingkungan keluarga. Keluargalah yang mempunyai peranan penting dalam proses imitasi atau meniru. Tindak tutur sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu (1) lokusi, (2) ilokusi, (3) dan perlokusi. Dalam penelitian ini, pencarian data dilakukan secara langsung melalui pengamatan atau observasi. Hasilnya, ditemukan data mengenai tidak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. Setiap tuturan baik tindak lokusi, tindak ilokusi dan tindak perlokusi terdapat pengaruh dari lingkungan keluarga. Temuan-temuan berupa tindak tutur dalam bentuk tuturan kasar dipengaruhi oleh tuturan saudara kandung si penutur. Artinya, keluarga turut Andil dalam perkembangan tindak-tutur anakReferences
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004.
Sosiolinguistik Perkenalan Awal.
Jakarta : PT Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, Soejono. 2003.
Pikolinguistik (Pengantar Pemahaman
Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan
Obor Indonesia
Ibrahim, Syukur. 1993. Kajian Tindak
Tutur. Surabaya: Usaha Nasional
Kurniasari, A. D., Nasucha, Y., Al-Ma’ruf,
A. I., & Sabardila, A.
PEMEROLEHAN BENTUK
BAHASA ANAK DI LINGKUNGAN
KELUARGA TERDIDIK
PERKOTAAN. Cakrawala Dini:
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,
(1), 73-82.
Luntungan, G. S. (2013). Tindak Tutur
Langsung Tidak Literal Pada Keluarga
Batih Yang Berbahasa Melayu
Manado. Jurnal Pendidikan Bahasa
dan Sastra, 13(2), 118-128.
Ocktarani, Y. M. (2017). Kemampuan
reseptif Anak Usia Tiga Tahun
terhadap Tindak tutur Direktif.
Lingua, 13(2), 182-192.
Rahmat. 2020. Campur Kode pada Sivitas
Akademik UBP Karawang.
PROSIDING KONFERENSI
NASIONAL PENELITIAN DAN
PENGABDIAN (KNPP) KE-1
UNIVERSITAS BUANA
PERJUANGAN KARAWANG
“Inovasi Perguruan Tinggi dalam
Mendukung Industri Kreatif di Era
Digital E-ISSN : 2798-2580.
Ratna, R. (2020). Realisasi Tindak Tutur
Direktif Anak Usia Dini dan Norma
Kesantunan dalam Masyarakat
Ternate. Tékstual, 18(1), 24-
Siddiq, M. (2019). Tindak Tutur
dan Pemerolehan Pragmatik pada
Anak Usia Dini. KREDO: Jurnal
Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 268-
Yenni, E., Yusriati, Y., & Sari, A. W.
(2018). Pola Pengajaran kesantunan
berbahasa anak di lingkungan
keluarga. Jurnal tarbiyah, 25(1).