Strategi Pembelajaran dan Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia: Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0

Aster Pujaning Ati, Maria Cleopatra, Sigit Widiyarto

Abstract


Keterampilan menulis merupakan satu kemampuan siswa yang kompleks. Kemampuan menulis beserta strategi belajar mengajar perlu mengikuti perkembangan zaman, khusunya di era industry 4.0. Penggunaan aplikasi yang beragam dan menarik dan menjadi pilihan medi pembelajaran di sekolah.  Guru sebagai fasilitator, seyogyanya dapat meghasilkan siswa yang berkualitas dan siswa yang dapat menyonsong era industry 4.0. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi belajar mengajar menulis yang relevan dengan perkembangan masa kini. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif deskriptif adalah prosedur penelitian yang mengahasilkan data deskripsi verbal yang secara konkret terwujud kata-kata yang merupakan deskripsi tentang sesuatu . Sampel penelitian siswa SMP kelas VIII sebanyak 30 siswa dan 1 orang guru. Hasil penelitian menujukkan bahwa guru sudah menerapkan media berbasis teknologi. Pembelajaran daring sudah dilakukan, siswa lebih antusias untuk mengikuti kegiatan KBM. Guru sudah melaksanakan kegiatan dengan cukup baik. Siswa sudah memulai menggnkan sosial media dan aplikasi lain yang berhubungan dengan materi pembelajaran menulis. Keinginan guru untuk belajar menggunakan aplikasi  sangat diapresisi. Walau ada beberapa kendala, seperti sarana dan prasarana.  Namun guru perlu meningkatan kemampuan dan kecermatan serta pengawasan dalam proses pembelajaran di kelas dan diluar kelas. Di samping itu guru sebaiknya dapat menggunakan aplikasi dan sistem pembelajaran yang terkini.

Kata kunci: Strategi belajar mengajar, menulis, revolusi.4.0  

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. (2018). Proses pembelajaran

digital dalam era revolusi industri 4.0. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kemenristek Dikti.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik

dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Praherdhiono, H., Setyosari, P., Degeng, I.

N. S., Slamet, T. I., Surahman, E., Adi, E. P., ... & Abidin, Z. (2019). Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang.

Subekti, H., Taufiq, M., Susilo, H.,

Ibrohim, I., & Suwono, H. (2018). Mengembangkan

Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi Stem Untuk Menyiapkan Calon Guru Sains Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Revieu Literatur. Education and Human Development Journal, 3(1).

Shao, X., & Purpur, G. 2016. Effects of

Information Literacy Skills on Student Writing and Course Performance. The Journal of Academic Librarianship, 42(6), 670–678. doi:10.1016/j.acalib.2016.08.006

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C:

Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (pp. 1-18).

Perundang – undangan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ