Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis E-Learning di Era Digital

Dewi Puspita Ayu, Rahma Amelia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh e-learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia di era digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengertian e-learning, karakteristik e-learning, mengidentifikasikan bagaimana pembelajaran bahasa Indonesia dalam e-learning, mengetahui fungsi e-learning, mengetahui kelebihan dan kekurangan e-learning, dan mengetahui apa saja aplikasi pendukung e-learning. Jenis penelitian ini berupa studi pustaka. Teknik penulisan dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan data atau mencari data atau hal-hal yang berhubungan dengan variabel berupa catatan, jurnal, dan buku. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan teknologi untuk proses pembelajaran semakin efektif dan efisien dengan adanya e-learning. Pembelajaran bahasa Indonesia dalam e-learning sangat membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Siswa dapat mengakses materi pelajaran dalam bentuk daring serta membuat siswa termotivasi dalam belajar.

 

Kata kunci: pembelajaran, e-learning, teknologi

Full Text:

PDF

References


Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan E-learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Darmika, I Putu., Gede., dan I Made. 2017. Penggunaan E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri Bali Mandara. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. Vol. 7 No. 2.

Hanum, Numiek Sulistyo. 2013. Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 3 No. 1 Februari 2013.

Kusmana, Ade. 2011. E-Learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan. Vol. 14, No. 1 Juni 2011.

Mirzaqon, Abdi dan Budi Purwoko. 2018. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa. Vol. 8 No. 1.

Nurdyansyah dan Eni F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizania Learning Center.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Silahuddin. 2015. Penerapan E-LEARNING dalam Inovasi Pendidikan. Jurnal Ilmiah CIRCUIT. Vol. 1 No. 1 Juli 2015.

Suartama, I Kadek. 2014. E-Learning Konsep dan Aplikasinya. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Triyono, Bruri dan Pipit Utami. 2017. Pembelajaran E-learning Pendidikan Vokasi. Yogyakarta: UNY Press.

Wahyuningsih, Dian dan Rakhmat M. 2017. E-learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ