Media Sosial Instagram sebagai Sarana Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi

Dimas Yusuf Afrizal

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengajukan gagasan mengenai pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks deskripsi menggunakan media sosial Instagram. Media sosial digunakan dalam pembelajarn karena perkembangan teknologi saat ini memiliki banyak dampak negatif dari media sosial, salah satunya Instagram. Data menunjukkan bahwa pengguna Instagram di Indonesia antara 13-18 tahun ada 10% yang merupakan pelajar SMP dan SMA. Saat ini banyak efek negatif yang ditemukan melalui media Instagram, di antaranya adalah terkait dengan SARA, hoaks, dan konten negatif lain, khususnya di kalangan pelajar. Untuk mencegahnya, guru sebagai pendidik perlu lebih kreatif mengembangkan teknologi untuk kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dan membuatnya menyenangkan melalui media Instagram dalam pembelajaran teks deskripsi. Artikel ini menggunakan medtode studi literatur mengenai media pembelajaran dan teori teks deskripsi. Dari teori itu, penulis memiliki gagasan untuk memanfaatkan Instagram sebagai media pembelajaran teks deskripsi. Inti artikel ini untuk menjelaskan bagaimana media Instagram dapat digunakan sebagai media pembelajaran teks deskripsi dan menjadi pijakan untuk belajar membuat teks deskripsi di Instargam sehingga menyenangkan bagi pelajar.

Kata kunci: media pembelajaran, teks deskripsi, Instagram, teknologi


Full Text:

PDF

References


Assidik, G,K. 2018. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital yang Interaktif dan Kekinian. Prosiding Asaga. www.seminar.uad.ac.id. Diakses tanggal 10 Maret 2020.

Indiyastini, T. 2009. Kohesi dan Koherensi Paragraf Deskriptif dalam Bahasa Jawa. Yogyakarta : Balai Bahasa Yogyakarta

Keraf, G. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende : Nusa Indah

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Subana, M. 2009. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung : Pustaka Setia

Sumarlam. 2003. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta : Pustaka Cakra


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ