Upaya dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0

Febri Arianto, Daffa Rifqi Mahardika, Hisbani Aulia Davi

Abstract


Upaya dalam menghadapi tantangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi merupakan bentuk usaha yang akan diterapkan demi menunjang perkembangan Ilmu Pengetahuan manusia. Upaya ini dilakukan demi memudahkan manusia dalam mengikuti perkembangan zaman dengan adanya teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah melahirkan berbagai bentuk upaya dari berbagai kalangan sehingga melahirkan teknologi informasi yang dikelola secara otomatis serta memudahkan pembelajar. Pada awal abad 20 perpaduan antara ilmu pengetahuan dan teknologi semakin memudahkan para penggunanya. Sampai saat ini proses implementasi tersebut semakin berkembang pesat. Peralatan-peralatan penunjang juga semakin berkembang dengan terciptanya teknologi baru dalam upaya meningkatkan ilmu pengetahuan yang semakin hari semakin berkembang. Peralatan penunjang seperti Komputer, Gaway, Laptop, Infocus dan Internet menyebabkan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi digital tanpa batas. Teknologi informasi tersebut saat ini menjadi dasar dalam kehidupan manusia. Implementasi teknologi dalam pembelajaran dapat menunjang perkembangan ilmu pengetahuan. Dengan mengimplementasikan teknlonogi diharapkan pengguna dapat melakukan aktivitas pembelajaran secara efisien dan efektif. Berbagai aplikasi digital mulai banyak terlahir karena  diharapkan menunjang perkembangan ilmu pengetahuan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Pembelajaran virtual merupakan bentuk berkembangnya ilmu pengetahuan yang sangat pesat melalui teknologi digital yang dapat menunjang berkembangnya ilmu pengetahuan. Pembelajar juga berupaya dalam meningkatkan keterampilan menghadapi tantangan Era Revolusi 4.0  pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berupa penggunaan pembelajaran virtual, web elearning, mobile elearning, salindia, e-book, blog, media sosial. Implementasi teknologi digital dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia juga digunakan dalam keterampilan menulis, membaca, mendengarkan, dan berbicara yang diterapkan. Akibatnya, banyak tantangan serta upaya dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Pembelajaran harus merujuk kepada pemecahan masalah, kreatif, inovasi, dan komunikasi. Untuk itu dibutuhkan sosok guru yang adaptik dan akomodatif sehingga guru menciptakan pembelajaran yang menarik.

 

Kata kunci: Upaya, Teknologi Digital, Implementasi


Full Text:

PDF

References


Harmin & Toth. 2012. Pembelajaran Aktif yang Menginspirasi. Jakarta: PT. Indeks.

Hartoyo. 2010. 2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Semarang: Pelita Insani.

Irianto, D. (2017). Industry 4.0: The Challenges of Tomorrow. Disajikan pada Seminar Nasional Teknik Industri , Batu Malang.

Suwandi, Sarwaji. (2018). Tantangan Mewujudkan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Efektif Di Era Revolusi Industri 4.0. Disajikan pada Kongres Bahasa Indonesia IX, 28-31 Oktober 2018, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Syanurdin. 2019. Tantangan dan Peluang Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Literalisasi. Vol 7 No. 2 Desember 2019.

Winda, Novia. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Stilistika. Vol 1 No 1 April 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ