Metode dalam Model Pembelajaran Bahasa Indonesia

Findy Novita, Arindha Fitriasari

Abstract


Metode pembelajaran digunakan untuk kegiatan nyata dan praktis agar mencapai tujuan pembelajaran serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berkembang. Pembelajaran merupakan upaya kegiatan peserta didik agar lebih efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang bertujuan untuk mengkaji metode dalam model pembelajaran. Langkah yang dilakukan dalam penelitian ini di antaranya pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat, dan membandingkan literatur, dan menghasilkan kesimpulan. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 peserta didik diharapkan aktif dalam proses pembelajaran, mampu mengembangkan pengetahuan mereka sendiri dengan bantuan buku, internet, dan di akhir pembelajaran peserta didik diharapkan mampu memproduksi teks yang sudah dipelajari sehingga langkah melakukan metode dalam model pembelajaran bahasa Indonesia dapat tercapai dengan penilaian yang tepat.

 

Kata kunci: Metode, Model Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Laki, Ridwan. 2018. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Erakurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (online), Vol. 1, No. 1, (http://unisa-palu.e-journal.id/gurutua/article/download/7/4, diakses pada 8 Maret 2020).

Marliana, Lia dan Suhertuti. 2018. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya Offset.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Ciputat: Referensi (GP Press Group).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ