Pengaruh Pendekatan Ekspresif dalam Novel Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer sebagai Pemahaman Karakter Novel

Gianti Puteri, Maula Shopi, Desya Nanda Putri

Abstract


Dalam dunia pendidikan, guru tidak hanya berperan sebagai pemberi materi, namun juga sebagai pendidik yang mengajarkan karakter bagi setiap peserta didik. Pendidik sebagai contoh dan cerminan dalam dunia pendidikan yang mengajarkan bagaimana membentuk peserta didik yang berkarakter. Salah satu cara membentuk karakter peserta didik dengan melalui sebuah karya sastra. Karya sastra merupakan sesuatu yang disampaikan secara komunikatif baik melalui lisan maupun tulisan yang di dalamnya terdapat pesan atau maksud yang ingin disampaikan oleh penulis. Memalui karya sastra peserta didik dapat mudah memahami bagaimana membangun sebuah karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari, karena karya sastra juga merupakan cerminan dalam kehidupan. Terdapat banyak teori dan pendekatan sastra untuk mengkaji suatu karya sastra. Salah satunya adalah pendekatan ekspresif. Melalui pendekatan ekspresif peserta didik dapat mengenal karakter-karakter dalam sebuah karya sastra tersebut. Salah satunya terdapat dalam karya sastra novel Larasati karya Pramoedya Ananta Toer.

Kata kunci: Pendekatan Ekspresif, Novel, Karakter


Full Text:

PDF

References


Devi, Wika Soviana. 2019. Teori Sastra. Karanganyar. CV Al Chalief.

Rahmawati, Nur. 2012. Analisis Pendekatan Ekspresif Melalui Puisi Hatiku Selembar Daun karya Sapardi Djoko Damono. Jurnal Humaniora. Vol. 1 No. 2. Mei 2012.

Bachri, Syafri. 2014. Penguatan Karakter Pada Tokoh Fahri dalam Novel Ayat-ayat Cinta Melalu Gaya Bahasa. Jurnal Bahasa Indonesia. Vol. 1. No. 12. April 2010.

Rahmat, Pupu Hidayat. 2013. Pendekatan Kualitatif. Malang. Universita Brawijaya. Vol 2. No. 13

Toer, Pramoedya Ananta. 2010. Larasati. Jawa Timur. Lentera Dipantara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ