Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Gresy Gareta Ulfi Kentaury, Lutfiah Riana Zuhry, Dwi Oktiriana

Abstract


Diskusi dalam artikel ini adalah untuk menggambarkan integrasi budaya Indonesia dalam belajar bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA). Integrasi pembelajaran BIPA dengan budaya Indonesia sangat penting karena faktor budaya memiliki peran penting dalam kegiatan bahasa. Integrasi pembelajaran BIPA dengan budaya Indonesia akan membuat kemampuan belajar peserta didik BIPA menjadi komprehensif. Cara yang dilakukan untuk mempelajari BIPA budaya Indonesia yang terintegrasi adalah dengan metode yang disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari. Metode ini mengharuskan pelajar BIPA untuk pergi langsung ke masyarakat Indonesia di mana mereka belajar sehingga untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia secara langsung. Metode ini sangat efektif untuk memaksimalkan kemampuan pelajar BIPA dalam menguasai bahasa Indonesia dan memahami budaya Indonesia di mana ia berada.

Kata kunci: BIPA, Pembelajaran, Budaya Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Kurniawan, K. 2007. Peningkatan Mutu Penyelenggaraan BIPA yang Profesional, Makalah Disajikan dalam Seminar dan Lokakarya Internasional Pengajaran BIPA. Diselenggarakan oleh Pusat Bahasa DEPDIKNAS, Jakarta, 18 – 20 Juli 2007.

Bailey, K. 2007. Pengajaran BIPA Membuka Jendela Informasi tentang Indonesia Makalah Disajikan dalam Seminar dan Lokakarya Internasional Pengajaran BIPA. Diselenggarakan oleh Pusat Bahasa DEPDIKNAS, Jakarta, 18 – 20 Juli 2007.

International Affairs Office UMP (https://www.kui.ump.ac.id/index.php#)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ