Pengembangan Media Papan Dart Budaya Indonesia bagi Penutur Asing Tingkat Madya B1

Ken Arum Wulandari, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Pentingnya budaya yang ada di Indonesia dalam pembelajaran BIPA dapat memengaruhi penutur asing mengenal kebudayaan lokal yang ada di Indonesia. Pengenalan budaya juga memiliki maksud untuk memperkaya pengetahuan pemelajar BIPA tentang budaya Indonesia. Maka dari itu, penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran berupa papan dart mengenai budaya Indonesia khususnya dua konten budaya yaitu alat musik tradisional dan pakaian adat. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengambilan data, yaitu wawancara dan angket untuk memperoleh data kebutuhan pengembangan media pembelajaran. Sumber data diperoleh dari ahli media, ahli materi, ahli budaya, dan respon pemelajar. Hasil dari validasi ahli media memperoleh skor 3.76 dikategorikan sangat layak, ahli materi memperoleh skor 3.31 dikategorikan sangat layak, ahli budaya memperoleh skor 2.92 dikategorikan layak, dan respon pemelajar memperoleh skor 3.78 dikategorikan sangat layak. Kesimpulan dan saran yang dapat direkomendasikan adalah perlu dilakukan penambahan kosakata lebih lanjut untuk menguji kelayakan media papan dart budaya Indonesia, sehingga media pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan secara maksimal dalam pembelajaran BIPA.

 

Kata kunci: media pembelajaran, papan dart, Budaya Indonesia, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)


Full Text:

PDF

References


Alwan, Muhammad. 2017. Pengembangan Model Blended Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo Untuk Mata Pelajaran Geografi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 4(1). p-ISSN: 2407-0963, e-ISSN: 2460-7177.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

__________. 2017. Media Pembelajaran. (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.

Khaerunnisa. 2017. Mosaik Pembelajaran BIPA (Strategi, Metode, Teknik, Media, dan Evaluasi). Cetakan Pertama. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ Jakarta.

Kusuma, Ade Irma, dan Santi Irawati. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Permainan “Hunting Treasure” Pada Materi Himpunan untuk Siswa Kelas Bilingual VII-A di SMP Negeri 16 Malang. Jurnal Universitas Negeri Malang. (http://jurnal-online.um.ac.id, diakses pada 20 Mei 2019)

Mukhtaromah, Annisa RL. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievment Division (STAD) Berbantuan Media Papan Dart Materi Kalor dan Perpindahannya Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa. Skripsi Jurusan IPA Terpadu Universitas Negeri Semarang. (http://lib.unnes.ac.id, diakses pada 20 Mei 2017)

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Puspasari Uci, and A. Malik. 2017. The Making of Dart Board Game for Elementary School Students. Inovish Journal. 2(1). (http://scholar.google.com, diakses pada 24 September 2019)

Rosadi, Okky Satya. 2012. Teknik Permainan Instrumen dan Fungsi Musik Tradisional Phek Bung di Desa Wijirejo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. (http://eprints.uny.ac.id, diakses pada 18 Juli 2019)

Sanjaya. Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan ke-1. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyitno. Imam. 2007. Pengembangan Bahan Ajar BIPA. Wacana Vol. 9(1). 223-420-1-SM.

Syahidin, dan Mirna Milastri. 2010. Media Pembelajaran: Penggunaan Media dalam Proses Belajar Mengajar. Medan: CV. Media Persada.

Tiawati R, Refa Lina. 2018. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) untuk Tingkat Pemula. Jurnal Gramatikal. V4.i2 (393-402)

Widhyatama, Sila. 2012. Pola Imbal Gamelan Bali dalam Kelompok Cooperland di Kota Semarang. Jurnal Seni Musik. 1(1). ISSN 2301-4091.

Widyastuti, Sri Harti. 2015. Latar Sosial dan Politik Penggunaan Busana Adat dan Tatakrama di Surakarta dalam Serat Tatakrama Kedhaton. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 4. ISSN 2089-7537.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ