Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Kurikulum 2013
Abstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk memahami tentang strategi pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode study pustaka dengan teknik pengumpulan data memanfaatkan sumber dari buku-buku dan jurnal literatur yang ada. Artikel ini berisikan penguraian konsep strategi pembelajaran Bahasa Indonesia meliputi pendekatan pembelajaran, metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 melaluiargumentasi penulis. Berdasarkan hasil kajian pustaka ditemukan bahwa dalam strategi pembelajaran berhubungan dengan strategi pengorganisasian, pengelolaan, dan penyampaian selama proses pembelajaran. Ada 4 klasifiksi pengelolaan strategi pembelajaran yang meliputi (1) penjadwalan, (2) penggunaan strategi pembuatan catatan perkembangan, (3) penggunaan motivasi dalam belajar, (4) kontrol belajar. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk menciptakan pembelajaran Bahasa Indonesia yang menarik maka guru diharapkan mampu melaksanakan strategi pembelajaran sebaik mungkin dengan menggunakan media yang menarik dan sesuai dengan kompetensi dan indikator pembelajaran.
Kata kunci: Strategi pembelajaran, kurikulum
Full Text:
PDFReferences
AR Syamsuddin, dan Damaianti S Vismaia. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rosda Karya.
Basiran, M. (1999). Apakah yang Dituntut GBPP Bahasa Indonesia Kurikulum 1994?. Yogyakarta: Depdikbud
Depdikbud. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Dwiyogo, Wasis D. (2016). Pembelajaran berbasis blended learning (mdel rancangan pembelaajaran). Malang: Wineka Media
Djamarah, Bahri Syaiful dan Zain, Aswan. 2010. Srtategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Salamun. (2002). Pembelajaran Bahasa Indonesia. (Online). Tersedia: Http://endonesa.wordpress.com/ajaran-pembelajaran/pembelajaran-bahasa-indonesia/. (14 Maret 2020).
Saksomo, Dwi. (1983). Strategi Pengajaran Bahasa Indonesia. Malang: IKIP Malang
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Pranamedia Group.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Subyantoro. (2009). Penelitian tindakan kelas. Semarang: Badan Penerbit.
Wassid, Iskandar dan Sunendar, D. (2015). Startegi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.