Pengaruh Model Assure Berbantuan Media Iklan terhadap Keterampilan Menulis Karangan Persuasi

Lutfi Syauki Faznur, Sari Jayanti

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Model yang digunakan pada penelitian ini model ASSURE berbantuan media iklan.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model ASSURE berbantuan media iklan dan tanpa menggunakan media iklan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 19 Sawangan Depok dengan populasi kelas VIII berjumlah 83 siswa dan sampel 43 siswa, 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan 23 siswa sebagai kelas kontrol. Media yang digunakan pada penelitian ini adalah media iklan. Pengaruh model ASSURE terhadap keterampilan menulis karangan persuasi lebih baik dibandingkan tidak menggunakan media iklan. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan thitung sebesar 4,487 dan ttabel sebesar 1,960. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media iklan memberikan pengaruh terhadap keterampilan menulis karangan persuasi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 19 Sawangan Depok. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk para pengajar.

Kata kunci: keterampilan menulis persuasi, model ASSURE, media iklan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Finoza, Lamuddin. 2013. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Gunawan, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran ASSURE dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/254/250. Diakses Agustus 2019.

Ibrahim, Nini. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Depok: Uhamka Perss.

Kriyantono, Rachmat. 2013. Manajemen Periklanan Teori dan Praktik. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Lukitaningsih, Ambar. 2013. Iklan yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran.

https://media.neliti.com/media/publications/23468-ID-iklan-yang-efektif-sebagai-strategi-komunikasi-pemasaran.pdf. Diakses November 2018.

Nurfebiaraning, Sylvie. 2017. Manajemen Periklanan. Yogyakarta: Deepublish.

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. https://journal.nasional.media.34423-membuat-media-pembelajaran-yang-menarik.pdf. Diakses November 2018.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Syarif dkk. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yunus Suparno Muhammad. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ