Pembelajaran Teks Nonfiksi Menggunakan Media Flip Book pada Siswa Sekolah Dasar

Mia Fatimatul Munsi

Abstract


Kesulitan guru menggunakan media pembelajaran yang interaktif dan inovatif masih menjadi permasalahan klasik bagi dunia pendidikan saat ini. Hal tersebut dibutuhkan kesiapan dan kemauan guru dalam merencanakan pembelajaran yang matang.  Oleh karena itu, guru dan siswa dituntut untuk interaktif, efektif, dan inovatif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media flip book pada pembelajaran teks nonfiksi  siswa kelas 4 SDN Ibu Dewi 2 Cianjur.  Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian diperoleh tahapan pembuatan bahan ajar teks nonfiksi yaitu praproduksi, produksi dan pascaproduksi. Pembelajaran teks nonfiksi menggunkan media flip book membuat siswa antusias belajar dan kreativitasnya berkembang.

Kata kunci: media, flipbook, biografi

 


Full Text:

PDF

References


Arsyad,Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT RajaGrafindo persada.

Basyiruddin,M.dkk.2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama.

Janah, S., & Fauziya, D. S. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL ( PROJECT BASED LEARNING ) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KARAWANG TAHUN AJARAN 2017 / 2018. 1, 637–644.

Lailia, S. M. (2013). Penggunaan media flip book untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas iv a pada mata pelajaran bahasa indonesia di min model kamal bangkalan. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/7273/1/09140011.pdf. [7

Ningsih, D. N., Adawiyah, A., & Munsi, M. F. (2019). Character Value Internalization in Learning To Poem. Seminar Nasional Pendidikan, 40–46. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index

Sugiyono.2015.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:ALFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ