Analisis Strategi Pembelajaran Gaya Bahasa dengan Menggunakan Ice Breaking Bogaba

Monika Priastari, Nastiti Hutami Putri

Abstract


Penggunaan gaya bahasa tidak hanya dalam satu karya melainkan semua karya sastra harus memuat sebuah gaya bahasa yang harus diperhatikan penulisannya sejak dini.tujuan penulisan jurnal ini untuk menambah wawasan tentang Strategi Pembelajaran Gaya Bahasa yang kelak dapat bermanfaat bagi semua pihak. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan studi pustaka dan teknik pengumpulan data memanfaatkan sumber/bahan dari buku-buku literatur. Pada jurnal ini diuraikan stategi pembelajaran dengan menggunakan ice breaking bola gaya bahasa dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Hasil kajian pustaka ditemukan bahwa strategi pembelajaran merupakan komponen variabel yang langsung berorientasi kepada interaksi siswa didalam kelas. Apabila sebuah strategi yang digunakan guru menarik, maka hasil belajar siswa akan lebih baik. Strataegi yang digunakan harus sesuai dengan Komponen Dasar dan Indikator pembelajaran dengan melibatkan peserta didik secara maksimal dalam setiap aktivitas pembelajaran.

Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Ice Breaking, Gaya Bahasa


Full Text:

PDF

References


Kamus Besar Bahasa Indonesia.

(Online). Tersedia di http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php. Diakses pada tanggal 8 Maret 2020.

Andriyanto, Peri. 2017. Analisis Gaya Bahasa Dalam Kumpulan Cerpen “Saat Cinta Datang Belum Pada Waktunya” Karya Adi Pussparini. Jurnal Fosalingua. Vol. 1. No. 2 Agustus 2017.

Fanani, Achmad. 2010. Ice Breaking Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Fosalingua. Vol. VI. No. 11 Oktober 2010

Haifaturrahman. 2020. Pelatihan Ice Breaking Bagi Guru SD Sebagai Upaya Optimalisasi Kegiatan Awal Pembelajaran di Kelas. Journal Of Character Education Society. Vol.3 No.1 Januari 2020.

Hamalik, Oemar. 2010. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Luthfi, Moh. 2014. Pembelajaran Menggairahkan Dengan Ice Breaking. Jurnal Fosalingua. Vol. 1 No. 1 Juni 2014

Marliana, Lia, dkk. 2018. Strategi Belajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Ramadhayanti, Ana. 2018. Analisis Strategi Belajar Dengan Metode Bimbel Online Terhadap Kemampuan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Iggris Dan Pronounciation (Pengucapan/Pelafalan) Berbahasa Remaja Saat Ini. Jurnal Fosalingua. Vol.2 No. 1 Oktober 2018.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Dunia Cerdas. 2013. Peribahasa Majas Pantun. Jakarta: Dunia Cerdas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ