Analisis Kemampuan Belajar Apresiasi Puisi dengan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membantu tenaga pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran apresiasi puisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adanya strategi pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan hasil kegiatan belajar mengajar agar lebih maksimal. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Penekanan terhadap komponen program pengajaran antara lain berpusat pada pengajar (guru), peserta didik (siswa), teknik yang digunakan kooperatif learning, dalam hal ini pengajar berperan sebagai fasilitator dan motivator di dalam strategi meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi puisi. Melalui beberapa aspek keterampilan berbahasa yang memberikan peranan penting dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bahasa. Strategi belajar dan pembelajaran ini diharapkan dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan dalam mengapresiasi sebuah puisi. Keterampilan berbahasa yang baik juga dapat mempermudah individu dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, hal tersebut juga menjadi motivasi agar peserta didik mampu memahami materi dengan baik dan lancar. Teknik belajar kooperatif learning ini mampu meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan aktivitas peserta didik yang semakin lama semakin baik selama pembelajaran.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Kooperatif Learning, PuisiFull Text:
PDFReferences
Asrori. (2010). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Depdikbud. (1997). Praktis Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Esten, Mursal. (1990). Kesusastraan, Pengantar, Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa.
Huda M. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pradopo, Rachmad Djoko. (1995). Beberapa teori Sastra, Metode Kritik dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusyana, Yus. (1982). Metode Pengajaran Sastra. Bandung: CV Gunung Larang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.