Implementasi Blended Learning pada Mata Kuliah Menulis I Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Almuslim

Nurmina Nurmina, Nurlaili Nurlaili

Abstract


Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan bahasa yang sangat sulit dibandingkan dengan keterampilan bahasa lainnya seperti menyimak, berbicara, dan membaca. Kesulitan dalam menulis bukan hanya dirasakan oleh para siswa, akan tetapi juga dirasakan oleh para mahasiswa di Universitas Almuslim. Kesulitas tersebut dirasakan pada saat pengembangan ide atau pokok pikiran menjadi tulisan yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan kurangnya minat mereka dalam menulis dan media pembelajaran yang digunakan masih menoton sehingga mereka tidak termotivasi dalam menulis. Di tengan canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi masalah tersebut masih juga dialami oleh mahasiswa. Ini merupakan hal yang tidak wajar dan perlu ditindaklanjuti.Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif serta media pembelajaran yang menyenangkan. Implementasi blended learning merupakan pembelajaran inovatif di era 4.0. Blenden learning menggunakan ICT dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa menggunakan ICT dalam pembelajaran menulis I dan melatih kemandirian mahasiswa dalam belajar. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Almuslim,pada  semester I, tahun akademik 2019/2020 yang berjumlah 18 mahasiswa. Data penelitian ini berupa data hasil belajar mahasiswa dan data hasil respon mahasiswa. Teknik penelitian yang digunakan berupa tes dan angket. Hasil penelitian diolah dan dianalisis secara kualitatif.

Hasil implementasi Blended Learning pada mata kuliah Pembelajaran Menulis I pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Almuslim menunjukkan bahwa kemampuan menulis mahasiswa juga masih kurang, hanya beberapa mahasiswa yang menunjukkan hasil yang baik. Di sisi lain, implementasi Blended Learning pada mata kuliah Menulis menunjukkan hasil yang sangat baik, minat menulis mereka sudah sangat baik. Hal ini terlihat dari hasil angket respon mahasiswa. Penyebab hasil belajar mahasiswa melalui blended  learning masih kurang dikarenakan mahasiswa masih belum terbiasa meng-akses e-learnin. E-learning adalah dunia baru bagi mereka yang masih semester 1. Selain itu, tempat tinggal mereka yang rata-rata di daerah sehingga sinyal internet sangat terbatas sehingga mereka sangat terkendala dalam meng-aksesnya.

Dengan adanya implementasi blended learning pada mata kuliah Menulis I akan memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi mahasiswa sehingga mereka akan terbiasa menggunakan IT dalam perkuliahan dan minat menulis mereka meningkat.

 

Kata kunci : Blended Learning, Keterampilan Menulis

Full Text:

PDF

References


Bonk C. J. & Graham C. R, 2004. Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions. Handbook of blended learning: Global Perspectives, local designs. San Francisco, CA: Pfeiffer Publishing.

Chaeruman, U. A . 2017. PEDATI Model Desain Sistem Pembelajaran Blended (Panduan Merancang Mata Kuliah Daring SPADA Indonesia). Direktorat Pembelajaran Kemahasiswaan, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi: Jakarta.

Herman, Dwi Surjono. (2013). Membangun Course E-Learning Berbasisis Moodle. Yogyakarta. UNY Press

Hidayatullah, Syarif.2016.”Pengembangan Keterampilan Menulis”. https://wismasastra.wordpress.com/2016/01/02/pengembangan-keterampilan-menulis/

Nasir, Mohamad. (2018). Sambutan Puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018. [online] tersedia di https://ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2018/04/SAMBUTANMENRISTEKDIKTI-2-MEI-18_final.pdf [ 10 Februari 2019]

Zainurrahman. 2013. Menulis: Dari Teori hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ