Pengaruh Supervisi Akademik dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mampang Prapatan Jakarta Selatan

Ratih Kusuma Wardani

Abstract


Tujuan dari penlitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh langsung positif supervisi akademik dan komunikasi interpesonal terhadap kinerja guru. Sebanyak 71 guru digunakan sebagai sampel penelitian untuk memperoleh data yang kemudian dianalisis menggunakan metode kuantitatif analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif (1) supervisi akademik terhadap kinerja guru, (2) komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru, (3) supervisi akademik terhadap komunikasi interpersonal.

Kata Kunci: Kinerja guru, supervisi akademik, komunikasi interpersonal.

 


Full Text:

PDF

References


Mohammed,Y., Aminu dan Ibrahim. 2015.

Relevance of Instructional Supervision in the Effective Teaching and Learning in Nigeria Universal Basic Education School System. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). Vol. 5, Issue 4 Ver. III (Jul-Aug)

Barnawi, dan M. Arifin. 2012. Kinerja guru profesional . Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Sadtyadi, H., dan Badrun. 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Sekolah Dasar Berbasis Tugas Pokok dan Fungsi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, No: 2, Vol. 18 (290-304). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Musriadi, 2016. Profesi Kependidikan Secara Teoritis dan Aplikatif Panduan Praktis Bagi Pendidikan dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Deepublish, Cet. 1

Masaong, Abd. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru: Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta

Nuraini, S. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Agus, M. 2003. Komuniaksi Intrapersonal dan Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius

Beebe, S., Susan, J., and Redmond Mark. 2014. Interpersonal Communication: Relating to Others (Pearson New International Ed, 7th). USA: Pearson Education.

Kambeya, N. 2008. Georgia Teachers’ Perceptions of Principals; Interpersonal Communication Skills as Thay elate to Teacher Performance. Electronic These and Disertations. Paper 198.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ