Pembelajaran Digital Menggunakan Quizlet

Rian Surya Putra, Wahyu Ayuningsih

Abstract


Satuan pendidikan sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan saat ini mengalami banyak dinamika perubahan, salah satunya yang sangat terlihat ialah proses belajar dan mengajar. Proses belajar dan mengajar di satuan pendidikan seperti sekolah dasar, menengah, dan perguruan tinggi banyak mengalami perubahan. Hal ini tidak lepas dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang membuat dunia pendidikan ikut menyesuaikan diri. Proses belajar-mengajar pada akhirnya mengarah ke digital. Pembelajaran digital menuntut kreativitas dan inovasi peserta didik dan pendidik untuk terus meningkatankan kompetensinya. Dengan menerapkan pembelajaran digital, proses belajar-mengajar menjadi lebih menarik, efektif, dan sesuai dengan perkembangan zaman. Pendidik dan peserta didik dapat memanfatkan gawai seperti laptop, netbook, dan telepon pintar dalam kegiatan proses belajar-mengajar secara digital. Proses belajar dapat dilakukan secara luas. Tidak harus terikat oleh ruangan dan waktu karena, belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selama tempat yang dijadikan lokasi belajar terhubung dengan internet. Pembelajaran digital yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas internet ialah penggunaan platform Quizlet untuk pembelajaran digital games based learning dan  mobile learning. Games atau permainan pada Quizlet dapat dilakukan secara mandiri dan berkelompok. Quizlet juga dapat digunakan pada gawai seperti smart phone, laptop, dan komputer PC. Tujuan dari penulisan makalah ini ialah memberikan informasi dan saran kepada satuan pendidikan baik di sekolah maupun perguruan tinggi untuk memanfaatkan platform Quizlet sebagai bentuk pembelajaran digital yang menarik dan kompetitif di abad 21.

Kata kunci: Pembelajaran Digital, Quizlet, Abad 21

Full Text:

PDF

References


Indica, Channa. 2017. “Pengajaran BIPA Berbasis Teks di Songkhla Business Administration Collage Province, Thailand” dalam Simposium Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Kumpulan Esai Pengajar BIPA. Yogyakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (hal: 117 – 127).

Kemendikbud. 2017. Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Revisi Kurikulum 2013 Implementasi Konsep dan Penerapan. Jakarta: Kata Pena.

Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yulianti, Eka. 2017. “Pengajaran BIPA di Universitas Sriwijaya Palembang dan Universitas Maejo, Thailand” dalam Simposium Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Kumpulan Esai Pengajar BIPA. Yogyakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (hal: 198 – 203).

Laman daring:

https://quizlet.com/id (diakses 8 Maret 2020)

https://kbbi.kemdikbud.go.id/ (diakses 8 Maret 2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ