Implikasi Perubahan Makna Berita Elektronik sebagai Media Pembelajaran Teks Berita

Risa Anjani, Hairunnisa Hairunnisa, Ananda Restiana Khoirunisa

Abstract


Setiap hari berita baru bermunculan di berbagai media, baik itu media cetak maupun media elektronik. Agar peristiwa tersampaikan dengan baik, maka penyampaian peristiwa harus jelas maknanya. Masalah penelitian ini yaitu beberapa makna dalam berita mengalami perubahan sehingga pembaca harus memahami maksud dan tujuan berita yang di sampaikan lebih-lebih dalam berita elektronik yang penyampaiannya lebih pesat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implikasi perubahan makna yang terdapat dalam berita elektronik sebagai media pembelajaran berbasis digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan teori semantik. Penelitian ini dibatasi pada kutipan berita elektronik yang dimuat dalam laman CNN Indonesia berjudul Virus Corona Mulai Tekan Pengunjung Pusat Perbelanjaan, dan Data Sebaran Pasien Positif Corona di Jakarta yang diunggah pada Jumat, 13 Maret 2020 pukul 18.00 WIB. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media elektronik menjadi frekuensi rentannya perubahan makna karena proses penyebaran yang cepat dan mudah diakses oleh siapapun dan di manapun. Perubahan makna dalam rubric nasional CNN Indonesia terutama pada artikel yang berjudul Virus Corona Mulai Tekan Pengunjung Pusat Perbelanjaan, dan Data Sebaran Pasien Positif Corona di Jakarta didapatkan beberapa sebab yaitu sebab adanya pengasaran (peyoratif), Perluasan yang menyebabkan makna meluas, perbedaan bidang pemakaian, penghalusan (amelioratif).

Kata kunci: Berita elektronik, perubahan makna, pembelajaran teks berita.


Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta. Rineka Cipta.

Kustriyono, Erwan. 2016. Perubahan Makna dan Faktor Penyebab Perubahan Makna Dalam Media Cetak. Jurnal Bahastra. Universitas Pekalongan. 35(2). 13-25.

Samosir, Astuti. 2018. Perbedaan Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas VII SMPN 3 Pariaman dengan Media Gambar dan Objek. Jurnal Kredo. Universitas Indraprasta PGRI. 2(1) 112-125.

Suciati, Rofia, dkk. 2019. Penerapan Model Berpikir, Berbicara dan Menulis Dengan Media Foto Jurnalistik Dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. STKIP Singkawang. 4 (1) 53-58


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ