Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran Teks Puisi Rakyat di SMP

Riswanda Himawan

Abstract


Analisis ini bertujuan untuk pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 difokuskan pada pembelajaran bahasa di mana peserta didik terlibat aktif dalam mencari dan menerima materi pembelajaran. Guru harus mampu memanfaatkan model pembelajaran yang mendukung siswa untuk bergerak aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Salah satu contoh model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam menerapkan pembelajaran yang aktif adalah model pembelajaran discovery learning. Discovery learning merupakan salah satu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif karena siswa menyelidiki, mencari, menggali informasi secara pribadi. Dengan model pembelajaran ini, secara tidak langsung siswa akan terlibat aktif dalam suatu pembelajaran. Guru dapat menerapkan model ini dan mengkolaborasikannya dengan beberapa media pembelajaran seperti powtoon, permainan, atau kuis sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan tentu menyenangkan. Dalam artikel ini akan dibahas penerapan model pembelajaran discovery learning dan dikolaborasikan dengan media pembelajaran digital powtoon dalam pembelajaran teks puisi rakyat di SMP dari kegiatan pendahuluan pembelajaran yang dimulai dari kegiatan orientasi, apresepsi, motivasi, pemberian acuan, kemudian menuju ke dalam kegiatan inti pembelajaran yang dimulai dari stimulation, data collection, verification hingga kegiatan penutup dalam satu kali tatap muka pembelajaran. Dengan adanya analisis ini diharapkan dapat membe rikan sumber informasi terkait penggunaan model pembelajaran yang efektif dalam mengaktifkan peserta didik dan dikolaborasikan dengan media pembelajaran digital yang tentunya mengikuti perkembangan zaman.

Kata kunci: pembelajaran, bahasa, di era, digital

 


Full Text:

PDF

References


Bashtiar, Ismail Adkhar. 2016. Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasisi Powtoon Pada Kelas 2 Mata Pelajaran IPA di SD LABSCHOOL UNNES. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Rosarina, Gina Ali Sudin, Atep

Sujana. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah Vol. 1 No. 1.2016.

Penerapan Active Learning Sebagai Upaya Meminimalisir Kesulitan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks (Genre). (2016). http://pbsi.uad.ac.id

Yunus, Abidin. .2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ