Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Madya B2 Berbasis Budaya Banten

Rochaeni Rochaeni, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh minimnya ketersediaan bahan ajar khusus bermuatan budaya lokal bagi mahasiswa asing yang mempelajari budaya Indonesia. Tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah menghasilkan bahan ajar baru bermuatan budaya lokal Indonesia. Penelitian ini mengembangkan bahan ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing tingkat madya B2 bermuatan budaya Banten, dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan tujuh langkah, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk dan 7) revisi produk. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini melalui tahap validasi produk dan uji coba produk. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli budaya. Hasil validasi bahan ajar oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,58 dengan kategori sangat layak. Hasil validasi bahan ajar oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 4,31 dengan kategori sangat layak. Dan hasil validasi bahan ajar oleh ahli budaya memperoleh skor rata-rata 4,00 dengan kategori sangat layak. Tahap uji coba produk dilakukan kepada tiga pemelajar BIPA, data yang diperoleh dilihat dari hasil penilaian respon pemelajar dengan memperoleh skor rata-rata 4,37 dengan kategori sangat layak dan tidak perlu revisi. Karena itu, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar bahasa Indonesia bagi Penutur Asing berbasis Budaya Banten dapat digunakan sebagai salah sumber bahan referensi dalam proses pembelajaran BIPA.

Kata kunci: Bahan ajar, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, Budaya Banten

Full Text:

PDF

References


Alwan, Muhammad. 2017. Pengembangan Model Blended Menggunakan Aplikasi Edmedo untuk Mata Pelajaran Geografi SMA. Vol(4): 65-76.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Gall, M, D., Gall, J, D, & Borg, W, R. 2003. Educational Research An Intoduction 7th Ed. New York: Pecarson Educational Inc.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2011. Stategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Khaerunnisa. 2017. Mosaik Pembelajaran BIPA Strategi, Metode, Teknik, Media dan Evaluasi. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ.

Putra, Nusa. 2011. Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Said, Hasani Ahmad. 2016. Islam Dan Budaya Di Banten: Menelisik Tradisi Debus Dan Maulid. Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, Vol. 10 (1): 109-138.

Saputra, H, J., Faizah, N, I. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 4(1), 62-74.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widjono, HS. 2008. Mendesain Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Tujuan Akademis. Jurnal Lingua Ciltura, Vol. 2 (1): 37-45.

Widyosiswoyo, Supartono. 2004. Ilmu Dasar Budaya. Bogor: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ