Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Quizizz dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Siswa Kelas X SMA

Rosita Dwi Anggraeni, Fitri Nurjanah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa dalam menulis, sehingga hal ini menjadi fokus penelitian yang ingin di kupas secara mendalam dan memberikan solusi atau cara jitu dalam mengatasi rendahnya minat siswa dalam menulis. Kemampuan siswa dalam menulis terbilang rendah, dikarenakan siswa juga cenderung tidak memiliki minat dalam membaca. Keterampilan menulis dengan keterampilan membaca adalah salah satu dari keempat keterampilan berbahasa yang saling berkaitan. Dengan demikian, ketika siswa memiliki minat dalam membaca maka wawasan pada pengolahan kosakata dapat menjadikan kegiatan menulis menjadi hal mudah. Penggunaan media berupa aplikasi quizizz diharapkan menjadi strategi belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam meningkatkan keterampilan menulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang artinya penelitian ini cenderung menggunakan analisis pada setiap tahap penelitiannya. Lalu penggunaan kualitatif deskriptif mengacu pada fakta yang ditemukan oleh peneliti di lapangan, hal ini agar menunjukkan bahwa peneliti ingin mengungkapkan fakta yang bersifat apa adanya agar meyakinkan para pembaca dari hasil penelitian ini. Metode yang digunakan adalah hasil observasi atau sebuah pengamatan secara langsung di lapangan. Selain observasi atau sebuah pengamatan, peneliti juga melakukan dokumentasi pada siswa kelas X SMA dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Kata kunci: media, quizizz, keterampilan menulis


Full Text:

PDF

References


Faridah, Siti. 2016. Peningkatan

Keterampilan Menulis Paragraf Melalui Penerapan Kegiatan Menulis Jurnal Dan Pemanfaatannya Untuk Penilaian Autentik Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Simpang Empat Kabupaten Banjar. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol. 1 No. 2 Oktober 2016

Kurniawati, Juliana dan Baroroh, Siti.

Literasi Media Digital Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Jurnal Komunikator. Vol. 8 No. 2

November 2016

Mahnun, Nunu. MEDIA PEMBELAJARAN

(Kajian terhadap Langkah-langkah

Pemilihan Media dan Implementasinya

dalam Pembelajaran). Jurnal

Pemikiran Islam. Vol. 37 No. 1

Januari-Juni 2012

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian

pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ