Masalah-Masalah Sosial dalam Novel Lelaki Harimau karya Eka Kurniawan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Silvia Yulianti, Suaibatul Aslamiyah, Koriyah Rodiyah

Abstract


Novel Lelaki Harimau karya Eka Kurniawan merupakan novel yang mengemukakan tentang gambaran kehidupan masyarakat yang memiliki masalah kemiskinan, masalah dalam keluarga, pergaulan bebas, pelacuran, tindak kejahatan bahkan pembunuhan.Permasalahan tersebut mempunyai nilai sosial yang bisa ditanamkan dalam pembelajaran agar lebih peduli kepada lingkungan sosial terutama keluarga. Dalam penelitian pada novel Lelaki Harimau karya Eka Kurniawan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif di mana di dalamnya menganalisis dokumen yang berupa teks dari novel tersebut. Sumber data dalam penelitian ini berupa buku bacaan yaitu novel Lelaki Harimau karya Eka Kurniawan. Hasil dari penelitian novel Lelaki Harimau karya Eka Kurniawan ini meliputi beberapa masalah sebagai berikut. (1) Tindak kejahatan seperti pencurian, pelecehan, perkelahian, bahkan pembunuhan. (2) Kurangnya kepedulian terhadap lingkungan keluarga maupun masyarakat (3) Terdapat masalah sosial yang bisa diambil pesan moralnya dan dapat diterapkan dalam pembelajaran sastra di sekolah yaitu peduli terhadap teman, keluarga, dan lingkungan sekitar. Sikap positif inilah yang dapat diterapkan oleh peserta didik mulai dari kesadaran diri sendiri untuk diimplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Nilai Sosial. Sosiologi Sastra, Novel Lelaki Harimau


Full Text:

PDF

References


Devi, Wika Soviana. 2019. Teori Sastra. Jakarta: CV Al Chalief.

Murpratama, Dian Ayu. 2012. Aspek Sosial dalam Novel Pusaran Arus Waktu Karya Gola Gong: Tinjauan Sosiologi Sastra dan implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Penelitian.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan (diterjemahkan oleh Melani Budianta). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ