Pengajaran Pendidikan Karakter dalam Pembalajaran Sastra: Studi melalui Tokoh-Tokoh dalam Novel Nora karya Putu Wijaya

Suci Nadilla Aryandini, Bunga Tisya Marwa, Cindy Aprilia Pratami

Abstract


Karya sastra lahir karena adanya pandangan terhadap isu-isu sosial yang sedang terjadi pada era tersebut. Permasalahan yang difokuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana para tokoh dalam novel Nora menjalani hidup di tengah keadaan sosial yang hiruk pikuk dikelilingi oleh berbagai aspek di dalamnya (aspek kepemimpinan, aspek ekonomi, dan aspek media massa) dan dimasukan dalam pendidikan karakter melalui tokoh-tokoh tersebut untuk pembelajaran sastra. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam berbagai dinamika sosial yang ada dalam novel Nora ini dan dapat diterapkan dalam pembelajaran pembentukan karakter melalui unsur ekstrinsik novel pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan menghubungkan silabus sebagai data. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana novel Nora sebagai objek utama dan dibedah satu persatu melalui tokoh-tokohnya. Metode ini digunakan untuk meneliti seberapa besar pengaruh pembelajaran sastra dalam pembentukan karakter. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa nilai-nilai sosial dalam karya sastra cerminan kehidupan sehari-hari yang memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik. Pengaruh tersebut menjadikan peserta didik berpikir kritis terhadap suatu karya sastra yang dibaca kemudian dapat memilah mana karakter yang dapat diambil sisi positifnya dan dibuang sisi negatifnya. Hadirnya karya sastra sebagai cerminan kehidupan sosial yang penuh dengan berbagai macam perjalanan hidup. Nilai-nilai karakter sosial yang ada dalam novel Nora, secara tidak langsung mengajarkan bagaimana seseorang mampu menjadikan dirinya bertahan dalam permasalahan sosial yang sering terjadi. Pengaruh yang diberikan melalui novel Nora dapat ditiru oleh berbagai masyarakat yang nanti dapat belajar bagaimana menjadi seseorang yang dapat berguna bagi orang lain.

Kata kunci: Novel, Pendidikan karakter, Pembelajaran bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Devi, Wika Soviana. 2019. Teori Sastra. Jakarta: Chalief Press.

Nico, Hayon G. 2019. Strategi Pembelajaran Berbasis Literasi Kritis dan Pendidikan Karakter. Jurnal Lazuardi. Vol. 2 No. 2 Desember 2019.

Syarifudin dan Nursalim. 2019. Strategi Pengajaran Sastra. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 5 No. 2 November 2019.

Teeuw, A. 2015. Sastra dan Teori Sastra. Bandung: Pustaka Jaya.

Wijaya, Putu. 2017. Nora. Yogyakarta: Jakarta.

Youpika dan Zuchdi. 2016. Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Suku Pasemah Bengkulu dan Relevannya sebagai Materi Pembelajaran Sastra. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 6 No. 1 April 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ