Penggunaan Model Pembelajaran Arias terhadap Motivasi dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Ummu Humaidah, Rizka Fadilah

Abstract


Penelitian iniĀ  dilakukan untuk mengetahui penggunaan strategi belajar dengan model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi belajar dan keaktifan siswa SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data observasi dan survey. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dari verifikasi sampai penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran ARIAS ini, siswa lebih meningkatkan minat dan motivasi untuk aktif selama pembelajaran bahasa Indonesia ditunjukkan dengan hasil nilai UTS yang cukup memuaskan.

Kata kunci: Model ARIAS, Motivasi, Keaktifan


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Sofan Amri dan Tatik Elisa. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu Pengaruhnya terhadap konsep dan proses pembelajaran sekolah swasta dan negeri. Jakarta :Penerbit PT Prestasi Pustaka.

Dahar, Wilis Ratna. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama Penerbit Erlangga.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Marno dan Idris. 2014. Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar. Yogyakarta: Penerbit AR-Ruzz Media.

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D.Bandung:Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ