Nilai Karakter dalam Cerita Rakyat Marasai Mangkonyo Santun

Wika Soviana Devi, Dini Septiana

Abstract


Pelaksanaan pendidikan harus sesuai dengan kebudayaan yang ada di Indonesia. Hal ini sejalan dengan pengertian pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Berdasarkan dari peraturan tersebut, pendidikan dilaksanakan berdasaran kepada kebudayaan nasional yang dimiliki Indonesia. Kebudayaan nasional dibentuk dari kebudayaan daerah dan kebudayaan lokal yang merupakan bagian dari kebudayaan. Tujuan dalam penelitian ini; 1) memperkenalkan cerita rakyat Marai Mangkonyo santun, 2) Menanamkan nilai karakter yang terdapat pada cerita rakyat Marasai Mangkonyo Santun kepada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif. Penelitian ini menghasilkan nilai karakter yang terdapat dalam cerita rakyat yang dapat menjadi pembelajaran bagi siswa.

 

Kata Kunci: Cerita Rakyat, karakter dan siswa


Full Text:

PDF

References


Komariah, Yoyoh. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Kuningan Terintegrasi Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Apresiasi sastra di SMP. Dieksis – Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. http://dieksis.2.jurnal/id.

Kristanto, M. 2014. Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Penanaman Etika Untuk membentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Semarang. Jurnal.upi. http://jurnal.upi .edu/mimbar-sekolah-dasar/.

Rahma, Nur Nisrina haq. 2017. Pengembangan Buku Pengayaan Keterampilan Mengonversi teks cerita pendek menjadi teks drama bermuatan nilai-nilai kemanusiaan untuk siswa kelas XI SMA. Journal-skripsi. http://dok.journal/skripsi/3unnes

Rokhmansyah, Alfian. S.S. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumayana. yena. 2017. Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Jurnal. MiNbar Sekolah Dasar, vol 4 (1), 21 – 28. http://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5050.

Tim Penulis. 2017. Analisis Kekayaan dan Keragaman Budaya Provinsi Sumatera Barat. Jakarta: Kemendikbud.

Wahyudin, Wisrawaty. 2016. Kemampuan menentukan isi cerita rakyat kelas X SMA Negeri 1 Raha. Jurnal vol. 1, no. 1. http://2016vol1. jurnalbahasa/40.me


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ