Fenomena Morfologis sebagai Bahan Ajar Kosakata BIPA

Aswir Aswir, Sobri Sobri

Abstract


Mempelajari bahasa berarti mempelajari kosakata. Hal ini merupakan salah satu sifat dasar sebuah bahasa, yaitu bahasa sebagai rangkaian huruf yang ajeg membentuk ujaran dan tulisan sebagai representasi kata-kata. Dalam Linguistik, kata-kata dimasukkan ke dalam kajian tersendiri yang dikelompokkan ke dalam Morfologi. Tanpa terkecuali, pembelajaran BIPA mengupas kecabangan Linguistik, yakni Morfologi sebagai bidang kajian asal usul terbentuknya kosakata. Fenomena Morfologis (FM) kemudian menjadi salah satu bagian dari proses pembentukan kata baru yang bertujuan untuk memperkaya kosakata bagi seseorang yang sedang mempelajari sebuah bahasa. Kajian literatur tentang FM menelusuri bukti kuat bahwa fenomena ini berkontribusi banyak terhadap pemekaran kosa kata terutama untuk pembelajar BIPA. Metode deskriptif kualitatif yang digunakan dalam studi kepustakaan ini menunjukkan bahwa bentuk derivatif sebagai salah satu bentuk FM menjadi cara yang paling efektif dalam pembetukan kata baru. Kata-kata derivatif seperti kesamaan, disamakan, bersamaan, masing-masing membentuk nomina, verba, dan adverbia yang akar katanya sendiri merupakan ajektiva dari kata ‘sama’. Bentuk-bentuk FM yang lain seperti infleksional, unsur serapan asing, word coinage, berkontribusi sedikit terhadap pemekaran kosa kata baru yang dapat digunakan sebagai bahan ajar BIPA. Pemelajar BIPA merasakan bahwa FM memudahkan mereka dalam memperkaya khazanah kosakata Bahasa Indonesia yang digunakan baik secara lisan maupun tulisan dalam praktik mereka sehari-hari. FM dapat direkomendasikan sebagai salah satu bentuk bahan ajar BIPA baik tingkat dasar, menengah maupun lanjutan

Kata kunci: kosakata, fenomena morfologis, derivatif, bahan ajar, BIPA

References


Amelia, Nada dkk. 2018. Afiksasi Pada Karangan Anak di SDN Jatiwaringin 1: Suatu Kajian Berdasarkan Pemerolehan Bahasa. (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/arkhais/article/view/7456/5339

Faizin, Faizin, dan Mohamad Isnaini. 2018. Peningkatan Kemampuan Berbicara Pemelajar BIPA Level Dasar dengan Menggunakan Kartu Kosa Kata. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/27937/12468

Fariqoh, Riqoh. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Membaca untuk Pembelajar Bahasa Indonesia Penutur Asing Tingkat Dasar. Riksa Bahasa Volume 2, Nomor 2, November 2016

Febrisma, Nurliya. 2013. Upaya Meningkatkan Kosa Kata Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Tunagrahita Ringan (PTK Kelas DV di SLB Kartini Batam). Volume 1 Nomor 2 Mei 2013 E-JUPEKhu (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS) http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/1150/999

Herawati, Nanik dkk. 2016. Afiks-afiks Pembentuk Verba Denominal Dalam Bahasa Jawa. Prasasti: Journal of Linguistics. Vol. 1 No. 2 November 2016. https://jurnal.uns.ac.id/pjl/article/view/1914/2122.

Idris, Nuny Sulistiany. (tanpa tahun). Kajian dan Kritik Teori Morfologi (FPBS UPI. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/196707151991032-NUNY_SULISTIANY_IDRIS/Kritik_Teori.pdf

Luwiti, Sri Rumiyatiningsih. 2009. Afiks (Suatu Kajian Morfologi Bahasa Gorontalo). Jurnal Pelangi Ilmu Volume 2 No 5, Mei

Maharany, Elva Riezky. 2017. Karakteristik Kosakata Bahasa Tulis Pemelajar BIPA Thailand. JU-ke, Volume 1, Nomer 2, Desember 2017, hlm 41- 47 http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/790

Nurjannah. Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Kartu Huruf Bergambar Siswa Kelas II SDN 5 SONI. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 8 ISSN 2354-614X 290. https://media.neliti.com/media/publications/119169-ID-peningkatan-kemampuan-penguasaan-kosakat.pdf

O’Grady, William, dkk. 1996. Contemporary Linguistics. Pearson Education.

Pratama, Toriq. 2017. Pembelajaran dan Akuisisi Kosakata Bahasa Indonesia bagi Pembelajar BIPA dengan Metode Silang Kata (Crossword). CLLT 2017 Conference on Language and Language Teaching 568 https://semnas.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/page-568-573-toriq.pdf

Supriyadi, 2016. Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan. Lentera Pustaka 2 (2): 83-93, ISSN: 2302-4666 print/ 2540-9638 http://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka

Suyitno, Imam. 2007. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. WACANA VOL. 9 NO. 1, APRIL 2007 (62—78)

Taftiawati, Meida. 2014. Strategi Komunikasi Pembelajar BIPA Asal Korea Selatan dalam Pembelajaran BIPA Tingkat Dasar., https://media.neliti.com/media/publications/119169-ID-peningkatan-kemampuan-penguasaan-kosakat.pdf

Widia, Ida. Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Penutur Asing http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND.BHS.DAN_SASTRA_INDONESIA/197310062008012-IDA_WIDIA/MEDIA_PEMBELAJARAN_BAHASA_INDONESIA.pdf

Yahya, Mokh., dkk. 2018. Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kesalahan Diksi dalam Kalimat Bahasa Indonesia Mahasiswa BIPA Level Akademik, Jurnal Kredo Vol. 1 No. 2 April 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ