KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BERITA DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA SMPN 87 JAKARTA
Abstract
Keterampilan membaca merupakan aspek yang sangat penting untuk dikuasai, tetapi sampai saat ini, minat membaca siswa masih tergolong rendah. Penggunaan media teks berita dan metode bermain peran merupakan salah satu cara yang dianggap dapat membantu menumbuhkan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media teks berita dalam keterampilan membaca dan mengetahui peranan metode bermain peran dalam pembelajaran membaca teks berita pada siswa kelas VIII SMPN 87 Jakarta dengan memanfaatkan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca teks berita dengan metode bermain peran siswa kelas VIII SMPN 87 Jakarta termasuk ke dalam predikat baik dengan rata-rata nilai 73,03. Berdasarkan hal tersebut maka media teks berita tepat digunakan dalam pembelajaran membaca dan metode bermain peran juga efektif digunakan dalam pembelajaran membaca teks berita.References
Afrizal. 2015. Metode Penelitian
Kualitatif: Sebuah Upaya
Mendukung Penggunaan
Penelitian Kualitatif dalam
Berbagai Disiplin Ilmu.
Jakarta: Rajawali Pers.
Agusniatih, Andi dan Jane M.
Manopa. 2019.
Keterampilan Sosial Anak
Usia Dini: Teori dan
Metode Pengembangan.
Tangerang Selatan: Edu
Publisher.
Hamdi, Asep Saepul dan E.
Bahruddin. 2014. Metode
Penelitian Kuantitatif:
Aplikasi dalam Pendidikan.
Yogyakarta: Deepublish.
Harras, Kholid, Endah Tri Priyatni,
dkk. 2007. Membaca I.
Jakarta: Universitas Terbuka.
Munawaroh, Isniatun. “Virtual
Learning dalam
Pembelajaran Jarak Jauh”.
Majalah Ilmiah
Pembelajaran. Nomor 2
Volume 1. Oktober 2005.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak
Jauh: Berbasis Teknologi
Informasi dan Komunikasi.
Bandung: Alfabeta.
Nadimah, Lailatun. 2001.
“Peningkatan Keterampilan
Membacakan Teks Berita
dengan Teknik Stimulasi
Menggunakan Media
Audiovisual pada Siswa
Kelas VIII E SMP Negeri
Lasem Kabupaten
Rembang” dalam Skripsi
pada Universitas Negeri
Semarang. Semarang.
Rahman, Taufiqur. 2018. Teks
dalam Kajian Struktur dan
Kebahasaan. Semarang:
Pilar Nusantara.
Said, Alamsyah dan Andi
Budimanjaya. 2015. 95
Strategi Mengajar Multiple
Intelligences: Mengajar
Sesuai Kerja Otak dan
Gaya Belajar Siswa.
Jakarta: Kencana.
Suwartono. 2014. Dasar-Dasar
Metodologi Penelitian.
Yogyakarta: Andi.
Tarigan, Djago dan H. G. Tarigan.
Teknik Pengajaran
Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa Bandung.
Tarigan, Henry Guntur. 2008.
Membaca: Sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa
Bandung.
Widjaja, Lukman, Ika Hijriani,
dkk. 2019. Indeks Literasi
Aktivitas Literasi Membaca
Provinsi. Jakarta: Pusat
Penelitian Kebijakan
Pendidikan dan
Kebudayaan.