KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BERITA DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA SMPN 87 JAKARTA

Aprilia Haryanti, Mahmudah Fitriyah Z.A

Abstract


Keterampilan membaca merupakan aspek yang sangat penting untuk dikuasai, tetapi sampai saat ini, minat membaca siswa masih tergolong rendah. Penggunaan media teks berita dan metode bermain peran merupakan salah satu cara yang dianggap dapat membantu menumbuhkan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media teks berita dalam keterampilan membaca dan mengetahui peranan metode bermain peran dalam pembelajaran membaca teks berita pada siswa kelas VIII SMPN 87 Jakarta dengan memanfaatkan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca teks berita dengan metode bermain peran siswa kelas VIII SMPN 87 Jakarta termasuk ke dalam predikat baik dengan rata-rata nilai 73,03. Berdasarkan hal tersebut maka media teks berita tepat digunakan dalam pembelajaran membaca dan metode bermain peran juga efektif digunakan dalam pembelajaran membaca teks berita.

Full Text:

PDF

References


Afrizal. 2015. Metode Penelitian

Kualitatif: Sebuah Upaya

Mendukung Penggunaan

Penelitian Kualitatif dalam

Berbagai Disiplin Ilmu.

Jakarta: Rajawali Pers.

Agusniatih, Andi dan Jane M.

Manopa. 2019.

Keterampilan Sosial Anak

Usia Dini: Teori dan

Metode Pengembangan.

Tangerang Selatan: Edu

Publisher.

Hamdi, Asep Saepul dan E.

Bahruddin. 2014. Metode

Penelitian Kuantitatif:

Aplikasi dalam Pendidikan.

Yogyakarta: Deepublish.

Harras, Kholid, Endah Tri Priyatni,

dkk. 2007. Membaca I.

Jakarta: Universitas Terbuka.

Munawaroh, Isniatun. “Virtual

Learning dalam

Pembelajaran Jarak Jauh”.

Majalah Ilmiah

Pembelajaran. Nomor 2

Volume 1. Oktober 2005.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak

Jauh: Berbasis Teknologi

Informasi dan Komunikasi.

Bandung: Alfabeta.

Nadimah, Lailatun. 2001.

“Peningkatan Keterampilan

Membacakan Teks Berita

dengan Teknik Stimulasi

Menggunakan Media

Audiovisual pada Siswa

Kelas VIII E SMP Negeri

Lasem Kabupaten

Rembang” dalam Skripsi

pada Universitas Negeri

Semarang. Semarang.

Rahman, Taufiqur. 2018. Teks

dalam Kajian Struktur dan

Kebahasaan. Semarang:

Pilar Nusantara.

Said, Alamsyah dan Andi

Budimanjaya. 2015. 95

Strategi Mengajar Multiple

Intelligences: Mengajar

Sesuai Kerja Otak dan

Gaya Belajar Siswa.

Jakarta: Kencana.

Suwartono. 2014. Dasar-Dasar

Metodologi Penelitian.

Yogyakarta: Andi.

Tarigan, Djago dan H. G. Tarigan.

Teknik Pengajaran

Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 2008.

Membaca: Sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa

Bandung.

Widjaja, Lukman, Ika Hijriani,

dkk. 2019. Indeks Literasi

Aktivitas Literasi Membaca

Provinsi. Jakarta: Pusat

Penelitian Kebijakan

Pendidikan dan

Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ