KEUNGGULAN CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN POSTER SISWA KELAS VIII SMPN 18 DEPOK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Salsabila Delaria, Nur Syamsiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penggunaan, manfaat dari keunggulan, serta implikasi media Canva terhadap keterampilan menulis poster siswa kelas VIII SMPN 18 Depok tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII C SMPN 18 Depok dengan jumlah 24 orang. Objek penelitian ini yaitu media Canva sebagai media pembelajaran keterampilan menulis poster pada kelas VIII C SMPN 18 Depok tahun pelajaran 2021-2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Aspek penilaian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi isi teks, desain, gambar, dan ketersampaian pesan dalam poster. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat menentukan hasil belajar siswa dengan baik. Hasil dari keunggulan Canva sebagai media pembelajaran poster pada siswa kelas VIII SMPN 18 Depok adalah diperoleh nilai rata-rata 83.75 atau yang dibulatkan menjadi 84 dari nilai sebelum menggunakan Canva yaitu 78,06 atau yang dibulatkan menjadi 78,1. Nilai ini mendapat kualifikasi baik dan sudah melampaui KKM (78). Hal tersebut dibuktikan dari 24 siswa, terdapat 12 siswa dengan persentase 50% memperoleh kategori nilai sangat baik dengan rentan nilai 86-100. Lima siswa memperoleh persentase 20% kategori baik dengan rentan nilai 76-85, dan 7 siswa memperoleh presentase 30% kategori cukup baik dengan rentan nilai 56-75. Sehingga keunggulan Canva sebagai media pembelajaan memiliki implikasi yang baik dan efektif untuk digunakan siswa dalam membuat poster.

Full Text:

PDF

References


Adi, Marsudi Suwarna. 2020. Membuat

Desain Cantik dengan Mudah dan

Cepat Menggunakan Canva. Jakarta.

Atiko. 2019. Booklet, Brosur, dan Poster

sebagai Karya Inovatif di Kelas.Gresik:

Caremedia Communication.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran.

Jakarta : Rajawali Pres.

Manab, Abdul. 2017. Penelitian Pendidikan

(Pendekatan Kualitatif). Yogyakarta:

Kalimedia.

Oliver, Paul. 2014. Writing Your Thesis.

Singapore: SAGE Publication.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media

Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ