PEMBINAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA
Abstract
Pendidikan karakter melalui pembelajaran daring terutama bahasa Indonesia sangat penting, karena bahasa merupakan alat komunikasi yang universal. Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif pustaka. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan dan menganalisi mengenai pembinaan karakter peserta didik melalui pembelajaran daring bahasa Indonesia. Adapun analisis data yang digunakan analisis deskriptif yaitu menguraikan secara sistematis dari data yang diperoleh, penelitian ini menggunakan sumber data sekunder, seperti jurnal, website, dan buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter pada peserta didik melaui pembelajaran daring bahasa Indonesia perlu dilakukan pembinaan. Upaya untuk menumbuhkan pendidikan karakter adalah: 1) perlunya ada komitmen antara pendidik dan peserta didik ketika proses belajar mengajar, 2) menumbuhkan kesadaran bahwa pentingnya belajar untuk pendidikan, 3) menjadikan karakter atau etika belajar bagian dari penilaian proses. Pembinaan pendidikan karakter yang dilakukan adalah sebagagi berikut, (1) disiplin, (2) jujur, (3) tanggung jawab, dan (4) peduli sosial.References
Aqib, Zainal. 2011. 2011.
Pendidikan Karakter
Membangun Perilaku Positif
Anak Bangsa. Bandung: CV.
Yrama Widya.
Kemendikbud. 2017. Penguatan
Pendidikan Karakter Jadi
Pintu Masuk Pembenahan
Pendidikan Nasional.
www.kemdikbud.go.id
Meleong, Lexy J. 2006. Metodologi
Penelitian Kualitatif.
Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Muslih, Masnur. 2011. Pendidikan
Karakter: Menjawab
Tantangan Krisis
Multidimensial. Jakarta: Bumi
Aksara.
Putria, dkk. 2020. Analisis Proses
Pembelajaran dalam
Jaringan (Daring) Masa
Pandemi Covid-19 pada Guru
Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu. Vol. 4 No. 4 2020
Samani dan Hariyanto. 2017. Konsep
dan Model Pendidikan
Karakter. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya
Setiawan, Agus. 2021. Pendidikan
Karakter pada Peserta Didik di
Masa Pandemi Covid-19
Berbasis Keluarga. Jurnal
Ilmiah Mandala Education.
Vol. 7 No. 1 Januari 2021