PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS XI

Tiara Savitri, Wika Soviana Devi

Abstract


Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas XI dalam materi teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar yang dalam proses pembelajarannya menerapkan metode discovery learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data adalah peserta didik kelas XI SMA yang berjumlah 38 orang. Teknik data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan berbagai cara yaitu catatan pengamatan lapangan, wawancara. Dalam kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini di kelas XI ditemukan peningkatan keterampilan menulis peserta didik. Peningkatan ini terjadi karena guru mata pelajaran bahasa Indonesia merubah metode pembelajaran dari metode ceramah ke metode discovery learning yang mengunakan media gambar sebagai media pembelajaran tambahan yang menarik bagi peserta didik


Full Text:

PDF

References


Indonesia. 3(4), 465-477. 5177- 13677-2-PB.pdf. Elpis. (2017). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SDN 010 Jaya Mukti. 6(2): 610-622. Fauziani, Latifah. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tema Energi dan Perubahannya Melalui Model NHT Pada Siswa Kelas III SD Negeri Bhayangkara Kota Yogyakarta. JURNAL PTK LATIFAH FAUZANI-dikonversi.pdf (uad.ac.id) Kurniaman, Otang. dkk. (2012). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau. Jurnal Pendidikan. 663-1314-1-SM.pdf Triyani, Neni, dkk. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. 1(5): 713-720. 978-4424-1-PB.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ