EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEBERHASILAN PENILAIAN BAHASA DI MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini, sekolah diharuskan melakukan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran tersebut dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran online seperti E-learning, Google Classroom, Zoom, dan lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Menambah wawasan tentang pola pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid19, (2) Mengetahui permasalahan dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19, (3) Mengetahui cara atau alternative penilaian pembelajaran khusunya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Artikel ini disusun dengan menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara. Efek dari dilakukannya pembelajaran jarak jauh menimbulkan banyak kendala yang menghambat proses kegiatan belajar mengajar. Tidak semua siswa siap mengikuti pembelajaran jarak jauh. Mulai dari media yang kurang mendukung, masih minim akan jaringan internet dan tidak meratanya bantuan kuota dari pemerintah. Akibat dari kurang efektifnya pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19, membuat peserta didik kurang memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh pendidik
Full Text:
PDFReferences
Afneta, A. P. (2018). Komodifikasi Kebertubuhan Perempuan Dalam Wacana Erotika dan Pornografi pada Tayangan Televisi. Jurnal Komunikasi Indonesia. http://www.ijil.ui.ac.id/index.php/jkmi/arti cle/view/8892 American Psychological Association. (2007). Task Force on the Sexualization of Girls. Report of the APA Task Force on the Sexualization of Girls, 72. http://www.apa.org/pi/women/programs/g irls/report-full.pdf%0ACopyright Benedicta, G. (2011). Dinamika Tubuh Perempuan Antara Kuasa Negoisasi atas Tubuh dalam MASYARAKAT. Sosiologi, 16(No. 2), 145. Berger, J. (n.d.). Berger_John_Ways_of_Seeing.pdf. Calogero, R. M. (2012). Objectification theory, self-objectification, and body image. In Encyclopedia of Body Image and Human Appearance (Vol. 2). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12- 384925-0.00091-2 Fakhrunnisa, R., Rahayu, L. M., & Adji, M. (2019). Subjektivitas Perempuan: Pekerja Seks dalam Tiga Karya Utuy Tatang Sontani. Metahumaniora, 9(1), 87. https://doi.org/10.24198/mh.v9i1.22872 Langton, R. (2009). Sexual solipsism: Philosophical essays on pornography and objectification. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en%5 C&lr=%5C&id=NITDAAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=P R5%5C&dq=%22langton+rae%22+sexual %5C&ots=Ennmf0cd2G%5C&sig=dIUD Ueu391sYgR9M_3QzTCZcW1Q Pranowo, Y. (2016). Transendensi Dalam Pemikiran Simone de Beauvoir dan Emmanuel Levinas. Melintas. https://journal.unpar.ac.id/index.php/melin tas/article/view/1926 Rosidi, A. (2010). Mengenang Hidup Orang Lain Sejumlah Obituari (1st ed.). Kepustakaan Populer Gramedia. Santoso, L. (2015). Epistemologi Kiri (1st ed.). Ar-Ruzz Media. Saptandari, P. (2013). Beberapa Pemikiran tentang Perempuan dalam Tubuh dan Eksistensi. Surabaya: BioKultur, 2(1), 53– 71. http://journal.unair.ac.id/BK@beberapapemikiran-tentang-perempuan-dalamarticle-6247-media-133-category-8.html Sontani, U. T. (1954). Bunga Rumah Makan. Diketik ulang dari Naskah Terbitan …. Sontani, U. T. (2002). Menuju kamar durhaka: kumpulan cerpen. Dunia Pustaka Jaya. Sontani, U. T. (2014). Awal dan Mira: drama satu babak. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en%5 C&lr=%5C&id=e7- lDwAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PA 5%5C&dq=utuy+awal%5C&ots=fXEFVi dY8P%5C&sig=Jp6WritixLzmw2HW5M yYVq9MhLo Supartono, A. (2001). Rajawali Berlumur Darah: Karya-Karya Eksil Utuy Tatang Sontani. Kalam Jurnal Kebudayaan. SUSILOWATI, E. Z. (2019). Resistensi Perempuan Dalam Kumpulan Cerita Tandak Karya Royyan Julian (Teori Resistensi-James C. Scott). BAPALA.
Arikunto, Suharsimi, 2003 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Atmazaki. 2009. Mengungkap Masa Depan: Inovasi Pembelajaran. Bahasa Indonesia Dalam Konteks Pengembangan. Hardjono, Rayner. 2001. “Kamus Istilah Bahasa Asing”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Hartanto. Penggunaan E-learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 10 No. 1 hlm 1-18 tahun 2016. Kemendikbud RI. Edaran tentang Pencegahan Wabah Covid-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia. Larsen-Freeman, D. 2000. Techniques and Principles in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press. Munir, 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Penerbit Alfabeta. Purnama, M. N. A. 2020. Blended Learning Sebagai Sarana Optimalisasi Pembelajaran Daring Di Era New Normal. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multiculturalisme, Vol. 2 No 2 2020 Rigianti, H. A. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. 7, 297–302. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta. Sugiyono. 2014 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Telaumbanua, D. 2020. Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial. Dan Agama, 12(01), 59-70. Ujang Suparman.2016. Penilaian dalam pembelajaran bahasa. Yogyakarta : Media Akademi. Widoyoko, Eko Putro. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.