JENIS DAN FUNGSI PRONOMINA PERSONA DALAM BUKU BIOGRAFI TELADAN HIDUP PANGLIMA BESAR JENDERAL SOEDIRMAN

Ajeng Suci Ratnaningsih, Sudaryanto Sudaryanto

Abstract


Salah satu kaidah kebahasaan dalam teks biografi yang menarik dikaji adalah penggunaan pronomina persona. Pronomina persona ditemukan dalam teks biografi, salah satunya terdapat dalam buku biografi yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yakni, buku biografi Teladan Hidup Panglima Besar Jenderal Soedirman karya Eri Sumarwan. Buku tersebut diterbitkan pada tahun 2018. Fokus penelitian ini adalah jenis pronomina persona dan fungsi pronomina persona dalam buku biografi Teladan Hidup Panglima Besar Jenderal Soedirman. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak, dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan simak bebas libat cakap (SBLC) dan catat. Metode dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan intralingual dengan teknik dasar teknik hubung banding yang bersifat lingual dan diikuti teknik lanjutan hubung banding membedakan (HBB). Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Jenis pronomina persona dalam buku biografi Teladan Hidup Panglima Besar Jenderal Soedirman terdiri atas pronomina persona pertama tunggal (saya, aku, -ku), pronomina persona pertama jamak (kita), pronomina persona kedua tunggal (kamu, kau, -mu), pronomina persona kedua jamak (kalian), pronomina persona ketiga tunggal (-nya, beliau, ia, dia), dan pronomina persona ketiga jamak (mereka). (2) Fungsi pronomina persona dalam buku biografi Teladan Hidup Panglima Besar Jenderal Soedirman terdiri atas tiga parameter ukuran yakni umur, status sosial, dan keakraban. Simpulan dalam penelitian ini adalah jenis pronomina persona terdiri atas 6 jenis dan fungsi pronomina persona tersusun berdasarkan 3 parameter.


Full Text:

PDF

References


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2017 SMA/ MA/ SMK/ MAK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kokasih, E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

M. S, Mahsun. 2014. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Moeliono. M. Anton, dkk. 2014. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ramlan, M. 2001. Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.

Soeparno. 2013. Dasar-Dasar Linguistik Umum. Edisi Kedua. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Swawikanti, Kenya. (2021, 10 Juni). Teks Biografi: Pengertian, Struktur, dan Cirinya | Bahasa Indonesia Kelas 10. https://www.ruangguru.com/blog/unsur-unsur-teks-biografi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ