SARKASME NETIZEN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK

Annisa Annisa, Taninda Mey Tantika, Ngatma'in Ngatma'in

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas bentuk sarkasme dalam media sosial TikTok. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Objek penelitian ini adalah kata-kata yang digunakan oleh netizen untuk mengomentari pengguna TikTok. Sumber data dalam penelitian ini adalah TikTok. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Ketidaksantunan Berbahasa Bousfield. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sarkasme pada media sosial TikTok menyebabkan adanya pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa. Sarkasme pada komentar TikTok ditemukan dalam beberapa bentuk mulai dari menghilangkan muka, mengancam muka, memain-mainkan muka, dan kategori kesembronoan. Banyaknya sarkasme netizen di media sosial TikTok membuktikan bahwa kurang bijaknya netizen dalam menggunakan media sosial yang sifatnya terbuka.

Kata kunci: sarkasme, komentar netizen, aplikasi tiktok


Full Text:

PDF

References


Ayudia Suci , C., & Atiqa, S. (2020). Analisis Penggunaan Kalimat Sarkasme oleh Netien di Media Sosial Instagram. Lingua Franca, 4 (2) : 186-195.

Dian, P., M Rasya , A., K Indah Sari , S., Hasan, S., & Maulana, A. (2022). Analisi Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme Netizen di Mesdia Sosial Facebook. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2) : 14438-14445.

Elen , I., Ferdian, A., & Bini, L. (2019). Bahasa Sarkasme Netizen Dalam Komentar Akun Instagram "Lambe Turah". Semantik, 8 (1) : 37-49.

Farida, N. (2017). Penggunaan Bahasa Dalam Media Sosial dan Implikasinya Terhadap Karakter Bangsa. Stilistika, 3 (1) : 1-18.

Kartika Tiara, S. (2020). Sarkasme Pada Masyarakat Indonesia Selama Pandemi Covid-19 Dalam Mesdia Sosial Twitter. SENASBASA, 4 (1) : 66-79.

Kuntjara, E. (2012). Gender, Bahasa, dan Kekuasaan . Jakarta: Libri.

Nadar. (2009). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nuralifa, Abd.Rahman, R., & Darwis, M. (2021). Penggunaan bahasa pada media sosial (medsos) : studi kajian pragmatik. Gema Wiralodra, 12 ( 2 ) : , 305-319.

Rahardi, K., Setiyaningsih, Y., & Dewi, R. P. (2018). Pragmatik Fenomena Ketidaksantunan Berbahasa. Jakarta: Erlangga.

Siska, L., Burhan Eko, P., & Syamsul, A. (2020). Sarkasme Pada Media Sosial Twitter da Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tabasa, 1 (2) : 270-284.

Ulfatun , H., Abd. Rahman, R., & Andi Syukri, S. (2021). Analisi Penggunaan Bahasa Sarkasme Netizen di Media Sosial Instagram. 7 (2) : 411-423.

Widodo, M., & Sumarta, I. W. (2016). Prinsip Percakapan (Pengantar Pemahaman Santun Berbahasa). Yogyakarta: Textium.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ